Banjir Kepung Berbagai Wilayah di Kabuaten Sumbawa, BPBD Siagakan Personel Antisipasi Dampak Banjir Lebih Buruk

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Feb 2020   21:08 WIB

Komentar
Banjir Kepung Berbagai Wilayah di Kabuaten Sumbawa, BPBD Siagakan Personel Antisipasi Dampak Banjir Lebih Buruk

Ilustrasi - Banjir (Foto : Trubusid/Iman)

Trubus.id -- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumbawa memicu banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Lantung dan Rhee pada Senin sore (17/2). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa menyiagakan personel untuk mengantisipasi dampak atau kejadian lain yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, BPBD setempat juga terus memantau perkembangan dan mengawasi debit air di sungai-sungai di wilayah kabupaten.

“Berdasarkan informasi Pusdalops BPBD Kabupaten Sumbawa, hingga pukul 18.20 waktu setempat hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Sumbawa,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (17/2).

Sementara itu, peristiwa banjir mulai menggenangi pemukan pada sore sekitar pukul 15.30 waktu setempat (wita). Ketinggian air di Desa Lantung mencapai kurang dari 1 meter dan kondisi genangan telah surut, sedangkan ketinggian air di Desa Sepukur sebatas kolong rumah. Sekitar 32 unit rumah terdampak genangan banjir di dua desa tersebut. BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa akibat banjir ini.

“Pantaun Pusdalops menyebutkan hujan lebat menggenangi jalan raya di Desa Luk, Kecamatan Rhee. Genangan air disebabkan meluapnya debit air sungai di wilayah desa itu,” tambahnya.

BPBD Kabupaten Sumbawa memiliki call center 0371-2629579 atau operator pusdalops 082340145845 untuk merespon warga apabila membutuhkan bantuan di saat darurat.

“Menghadapi potensi bahaya banjir, warga diimbau untuk selalu memonitor informasi peringatan dini BMKG dan informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD,” pungkas Agus.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Buah Lokal Rajai Pasar di Tengah Pandemi Covid-19

Peristiwa   09 April 2020 - 10:07 WIB
Bagikan:          

Mentan Syahrul: 250 Ton Gula Siap Guyur Pasar

Peristiwa   09 April 2020 - 09:55 WIB
Bagikan:          

Pemerintah Siapkan Empat Strategi Atasi Pandemi Covid-19

Peristiwa   09 April 2020 - 09:42 WIB
Bagikan: