Ilmuan Identifikasikan Senyawa Baru untuk Atasi Parasit pada Berbagai Jenis Ikan Air Tawar

TrubusNews
Syahroni
15 Feb 2020   10:00 WIB

Komentar
Ilmuan Identifikasikan Senyawa Baru untuk Atasi Parasit pada Berbagai Jenis Ikan Air Tawar

Ilustrasi. (Foto : pinterest)

Trubus.id -- Senyawa telah diidentifikasi oleh para peneliti dari proyek ParaFishControl yang didanai oleh Uni Eropa, yang meneliti interaksi ikan-parasit dalam akuakultur. Efektivitasnya dalam mengobati penyakit parasit tertentu membuat para peneliti mengajukan paten untuk produksinya.

Perawatan pertama kali diuji pada parasit I. multifiliis, yang menyebabkan penyakit white spot di berbagai ikan air tawar. Penyakit ini sangat merusak bagi industri ikan hias dan ikan budidaya karena tingkat kematian yang tinggi.

Sebuah perusahaan baru, Sundew, telah didirikan untuk lebih mengembangkan dan mengkomersialkan senyawa tersebut. UKM yang berbasis di Kopenhagen akan memfasilitasi pengembangan produksi skala besar dan pemurnian produk, yang telah dinamai BIOKOS.

Kebutuhan untuk perawatan baru muncul setelah larangan hijau perunggu, yang ditemukan bersifat karsinogenik dan genotoksik. Tidak ada senyawa lain sampai saat ini yang seefektif untuk mengendalikan infeksi.

Peneliti Sundew berharap bahwa BIOKOS akan banyak diminati di pasar akuakultur dan produksi ikan hias. Produksi perikanan budidaya saja bernilai lebih dari € 5 miliar per tahun di UE.

Perlakuan baru ini, dan banyak hasil lainnya yang berasal dari lima tahun terakhir penelitian dalam ParaFishControl, akan dipresentasikan pada Konferensi Final proyek "Strategi Inovatif untuk Mengontrol Parasit di Peternakan Akuakultur" di Brussels pada 11 Maret 2020 mendatang. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Korban Tewas Akibat Covid19 Bertambah Jadi 1.800 Orang

Peristiwa   18 Feb 2020 - 14:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: