Sempat Ada Penolakan, Kini Masyarakat Natuna Justru Bantu di Lokasi Observasi WNI dari Wuhan

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Feb 2020   07:00 WIB

Komentar
Sempat Ada Penolakan, Kini Masyarakat Natuna Justru Bantu di Lokasi Observasi WNI dari Wuhan

Senam menjadi salah satu aktivitas rutin bagi WNI yang tengah menjalaniobservasi di Natuna, Kepulauna Riau (Foto : Antara Foto/M Risyal Hidayat)

Trubus.id -- Sejak 1 Februari 2020, Pemerintah Indonesia telah menetapkan Natuna, Kepulauan Riau sebagai lokasi yang digunakan untuk transit observasi bagi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput dari Wuhan, Provinsi Hubei, China sebagai pusat wabah virus corona.

Mesmi sempat mendapatkan penolakan, perlahan masyarakat telah menerima keberadaan mereka dengan baik. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldy, di Natuna belum lama ini.

“Setelah lebih kurang 10 hari kedatangan saudara kita dari Wuhan, Alhamdulillah sudah mulai cooling down dan sejauh ini tidak ada masalah,” kata Rizal seperti mengutip keterangan tertulis Kementerian Kesehatan.

Menurut Rizal, ada beberapa masyarakat yang bersedia membantu tim operasional observasi. Secara sukarela, mereka menawarkan diri dan meminta izin kepada otoritas setempat.

“Ada beberapa masyarakat yang ingin mendarmabaktikan dirinya, meminta kepada Panglima untuk bisa masuk ke ring 1 baik sebagai juru masak, ahli IT, dll,” ucapnya.

Ia mengaku pengajuan tersebut merupakan inisiatif sendiri dari masyarakat untuk dapat berbuat sesuatu bagi saudara mereka yang dijemput dari Wuhan.

Atas niat baik tersebut, pihaknya menyambut dengan tangan terbuka dan senang. Pasalnya, hal ini tidak terlepas dari keberhasilan pemerintah untuk terus memberikan pemberdayaan berupa edukasi dan penguatan pengetahuan masyarakat terhadap Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Korban Tewas Akibat Covid19 Bertambah Jadi 1.800 Orang

Peristiwa   18 Feb 2020 - 14:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: