Cegah Bencana Berulang, Kepala BNPB Ingatkan Masyarakat Jaga Hubungan Baik dengan Alam

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Feb 2020   20:00 WIB

Komentar
Cegah Bencana Berulang, Kepala BNPB Ingatkan Masyarakat Jaga Hubungan Baik dengan Alam

Kepala BNPB Doni Monardo ketika menghadiri menghadiri kegiatan penataran manajemen penanggulangan bencana di Gedung Pola komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (10/2/20) (Foto : Biro Humas BNPB)

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo kembali mengajak masyarakat untuk menjaga alam dengan baik guna meminimalisir dan mencegah terjadinya bencana alam. Hal tersebut diungkapkan Doni ketika menghadiri menghadiri kegiatan penataran manajemen penanggulangan bencana di Gedung Pola komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (10/2).

Kegiatan penataran manajemen penanggulangan bencana yang baru pertama kali diselenggarakan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengangkat tema “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama” dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Dalam sambutan, Nurdin mengingatkan pentingnya mitigasi dan pencegahan mengingat wilayah Sulsel juga memiliki beragam potensi ancaman bencana seperti banjir, angin puting beliung, longsor dan sebagainya. Diharapkan melalui penataran ini dapat memberikan bekal bagi masyarakat Sulsel dalam menghadapi potensi ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Sebagai pembicara utama, Kepala BNPB Doni Monardo mengajak agar manusia kembali memahami apa yang telah dianjurkan oleh agama Islam terkait hablum minal alam, yaitu tentang hubungan manusia dengan alam. Doni juga mengajak untuk memikirkan strategi jangka panjang dalam penanggulangan bencana.

"Kita harus berpikir bagaimana menyiapkan bangsa ini agar dapat menghadapi ancaman bencana bukan untuk satu tahun, dua tahun, tapi ratusan tahun yang akan datang," kata Doni lewat keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (10/2).

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Korban Tewas Akibat Covid19 Bertambah Jadi 1.800 Orang

Peristiwa   18 Feb 2020 - 14:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: