Kazakhstan Kirim Dua Pesawat ke China Evakuasi Warganya di Wuhan

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Feb 2020   16:02 WIB

Komentar
Kazakhstan Kirim Dua Pesawat ke China Evakuasi Warganya di Wuhan

Pesawat Boeing 767-300ER yang membawa warga Jepang dari Wuhan tiba di bandara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu (29/1/20) (Foto : ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/foc)

Trubus.id -- Penyebaran virus corona yang mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China memaksa negara-negara lain mengevakuasi warganya yang berada di China. Sejauh ini lebih dari 20 negara telah mengevakuasi warga negaranya dari China terutama yang tinggal di Kota Wuhan.

Beberapa waktu lalu, Indonesia juga menerbangkan dua pesawat ke China untuk mengevakuasi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) di China untuk kembali ke tanah air. Sebelum Indonesia, Jepang bahkan telah lebih dulu mengevakuasi warganya dari Wuhan. Amerika, Perancis, Inggris, hingga Rusia, juga telah mengevakuasi warga mereka yang berada di China.

Mengutip Reuters dari ANTARA, Senin (10/2), Kazakhstan juga melakukan langkah yang sama. Kazakhstan akan mengirimkan dua pesawat untuk mengevakuasi warganya yang berada di China akibat penyebaran virus corona. Satu pesawat telah diterbangkan hari ini, Senin (10/2) dan satu pesawat akan terbang ke China pada Rabu (12/2) mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh kementerian luar negeri Kazakhstan, Senin.

Dalam sebuah pernyataan terbaru pemerintah Kazakhstan, dari 719 warga Kazakhstan, 391 diantaranya meminta untuk dievakuasi

Para warga yang sudah dipulangkan itu akan diobservasi di tempat-tempat khusus. Seperti halnya Amerika Serikat, memanfaatkan fasilitas di pangkalan militernya yang berada di tiga negara bagian untuk melakukan observasi terhadap warganya yang baru dievakuasi dari China.

Sementara Indonesia menjadikan Pulau Natuna sebagai tempat observasi WNI yang sudah dievakuasi dari China, khususnya kota Wuhan.

Hingga Senin (10/2), kasus kematian akibat terjangkit virus corona mencapai 908 orang. Jumlah ini naik sebanyak 97 orang dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: