Kemenaker Sebut WNI di Singapura yang Terjangkit Virus Corona dalam Kondisi Stabil

TrubusNews
Astri Sofyanti
08 Feb 2020   06:00 WIB

Komentar
Kemenaker Sebut WNI di Singapura yang Terjangkit Virus Corona dalam Kondisi Stabil

Kepala Seksi Perlindungan TKI Masa Penempatan Kementerian Ketenagakerjaan,Maptuha ketika menghadiri temu media terkait virus corona di Kementerian Ksehatan, Jumat (7/2/20) (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Seksi Perlindungan TKI Masa Penempatan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Maptuha menegaskan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura yang terinfeksi virus corona dalam kondisi stabil. Meski begitu, ia masih mendapatkan perawatan intensif di Singapore General Hospital. Perempuan 44 tahun ini bekerja sebagai penata laksana rumah tangga.

Karena permintaan tersebut, Pemerintah Singapura juga memiliki kebijakan Personal Data Protection Act, yakni kebijakan untuk melindungi privasi seseorang. Kondisi ini membuat Pemerintah Indonesia belum bisa mengakses identitas warga negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi virus Corona di Singapura.

“Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura masih kesulitan mendapatkan data, karena WNI yang bersangkutan enggan identitasnya diungkap, bahkan dengan keluarganya sekalipun,” kata Maptuha dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Sekatan, Jumat (7/2).

Ia menyebut, WNI yang terjangkit virus corona ini tertular lewat majikannya yang bekerja di toko obat. Menurut Maptuha, Kementerian Kesehatan Singapura telah menunjuk LO (liaison officer) yang bertindak sebagai penghubung pasien dengan KBRI untuk menginformasikan kondisinya.

Lebih lanjut Maptuha mengatakan bahwa biaya pengobatan seluruhnya ditanggung oleh Pemerintah Singapura.

"KBRI di Singapura akan terus pantau perkembagan yang bersangkutan dan akan upayakan mencari datanya," pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: