Perangkat Portable Smartphone Untuk Mendiagnosis Penyakit Menular, Termasuk Coronavirus

TrubusNews
Hernawan Nugroho
08 Feb 2020   10:00 WIB

Komentar
Perangkat Portable Smartphone Untuk Mendiagnosis Penyakit Menular, Termasuk Coronavirus

Performanya sebanding dengan tes laboratorium. Biaya lebih murah. Dan itu ramah pengguna (Foto : healthtoday)

Trubus.id -- Perangkat berukuran kartu kredit yang baru dirancang itu mungkin suatu hari dapat membuat diagnosa, perawatan, dan mencegah wabah penyakit menular sederhana dan hemat biaya - semuanya siap untuk penyebaran saat bepergian dengan pemberitahuan sesaat.

Laboratorium portabel ini dirancang oleh para insinyur di Universitas Cincinnati untuk dihubungkan ke smartphone melalui port USB-nya. Perangkat ini cukup sensitif untuk mendeteksi infeksi malaria aktif, dan para peneliti menambahkan bahwa itu dapat "mudah disesuaikan untuk biomarker yang berbeda" untuk mengidentifikasi penyakit lain seperti HIV, penyakit Lyme, atau coronavirus serta untuk mengukur kadar hormon yang berkaitan dengan stres, kecemasan, dan depresi. Seorang pengguna hanya perlu menempatkan setetes darah atau air liur pada chip lab plastik sekali pakai yang dirancang khusus dan kemudian geser ke dalam slot di perangkat.

Baca Lainnya : Canggih, Sistem Ini Bisa Prediksi Pengobatan Tepat Penyakit Kanker

"Setiap orang memiliki telepon - lebih dari 3 miliar orang," kata penulis studi Chong Ahn dalam sebuah pernyataan. “Jadi bagaimana kita bisa menggunakan teknologi itu untuk menguji penyakit menular seperti coronavirus? Ini adalah alat diagnostik cepat yang dapat Anda gunakan di rumah. Saat ini, dibutuhkan beberapa jam atau bahkan berhari-hari untuk mendiagnosis di laboratorium, bahkan ketika orang menunjukkan gejala. Penyakit ini bisa menyebar. "

(foto: Healthtoday)

Smartphone digunakan untuk memberi daya pada perangkat, menampilkan bacaan, dan menyimpan data. Informasi yang diperoleh melalui "alat uji aliran kapiler mikro saluran" diproses menggunakan dua saluran, satu yang mencampur sampel dengan antibodi penyakit beku-kering untuk deteksi dan yang lainnya yang menggunakan bahan luminescent beku-kering untuk memungkinkan sensor perangkat membaca hasil. Data kemudian ditafsirkan menggunakan aplikasi smartphone yang dirancang khusus dan dapat dikirim langsung ke penyedia layanan kesehatan untuk analisis lebih lanjut.

“Performanya sebanding dengan tes laboratorium. Biaya lebih murah. Dan itu ramah pengguna, "kata Ahn. "Kami ingin membuatnya sederhana sehingga siapa pun dapat menggunakannya tanpa pelatihan atau dukungan."

Baca Lainnya : Unduh Aplikasi Buku Saku Soal Penyakit Ikan di Sini, Gratis

Sebagian besar kematian terkait dengan penyakit menular utama terjadi di masyarakat miskin dengan akses terbatas ke fasilitas kesehatan dan tenaga terlatih, sebuah celah yang menurut peneliti dapat dijembatani oleh perangkat seperti perangkat mereka. Solusi yang akurat, murah, dan mudah digunakan dapat digunakan untuk mendiagnosis kondisi sebelumnya dan meningkatkan perawatan pasien.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Korban Tewas Akibat Covid19 Bertambah Jadi 1.800 Orang

Peristiwa   18 Feb 2020 - 14:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: