Jokowi Tanam Vetiver pada Bekas Longsor dan Banjir Bandang Bogor

TrubusNews
Binsar Marulitua
03 Feb 2020   17:40 WIB

Komentar
Jokowi Tanam Vetiver pada Bekas Longsor dan Banjir Bandang Bogor

Presiden Jokowi saat menanam rumput Vetiver di desa Pasir Madang, Kec. Sukajaya, Kab. Bogor, Senin (3/2/2020). (Foto : (Humas/Rahmat))

Trubus.id --
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman rumput vetiver Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (3/2/2020). Lokasi tersebut merupakan salah satu titik yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor pada awal Januari 2020 lalu. 

Mengenakan kemeja berbalut jaket bomber warna hijau tua dan topi putih, Jokowi melakukan penanaman bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Jokowi mengatakan, tumbuhan tersebut ampuh mencegah longsor karena memiliki akar yang panjangnya bisa mencapai 4-6 meter ke dalam tanah. Ia  pun meminta semua pihak mulai mereboisasi lahan di hulu untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor. 

Baca Lainnya : Pemberian HGU Tanpa Kontrol Penyebab Longsor di Sukajaya Bogor

"Jadi ini adalah vetiver yang ini kita tanam. Fungsinya adalah agar lahan-lahan yang ada ini tidak kritis, karena akarnya bisa sampai 3-4 meter ini, vetiver ini, ya,” jelas Jokowi Desa Harkat Jaya, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mantan Walikota mengatakan, pencegahan bencana tak hanya bisa dilakukan dengan membangun sejumlah infrastruktur di hilir, tetapi juga harus dibarengi dengan memperbaiki kerusakan di hulu. 

Untu itu, Dia  meminta semua pihak mulai dari pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan masyarakat mulai memikirkan langkah-langkah reboisasi di daerah masing-masing.

"Jadi di tempat-tempat yang terjadi bencana banjir dan utamanya lagi yang tanah longsor, pendekatan kita bukan hanya pendekatan fisik saja. Bukan hanya bangunan-bangunan fisik saja. Tapi juga yang berkaitan dengan vegetatif seperti ini mulai kita dekati," ujarnya.

Baca Lainnya : Senin 3 Februari, Jokowi Ikut Tanam 80 Ribu Bibit Tanaman di Pasirmadang Bogor

"Apa yang misalnya saya beri contoh di Sukajaya ini. Apa yang kita siapkan, tahap pertama kita siapkan kurang lebih 92.000 tanaman," lanjut Jokowi.

Tidak hanya menanam vetiver, dalam kunjungan kedua pascabencana semenjak 7 Januari 2020 lalu, Jokowi juga menanam tumbuhan buah-buahan seperti durian, jambu, jengkol, rasamala.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Cagar Biosfer Indonesia Diakui UNESCO

Peristiwa   31 Okt 2020 - 14:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Presiden Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian

Peristiwa   31 Okt 2020 - 11:55 WIB
Bagikan: