Panglim TNI Lepas Satgas Garuda Dukung Penanganan Karhutla Australia

TrubusNews
Binsar Marulitua
01 Feb 2020   13:00 WIB

Komentar
Panglim TNI Lepas Satgas Garuda Dukung Penanganan Karhutla Australia

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Republik Indonesia untuk mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia pada Sabtu (1/2/2020) (Foto : BNPB)

Trubus.id -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Republik Indonesia untuk mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia pada Sabtu (1/2/2020). Satgas Garuda RI berjumlah 41 orang yang terdiri dari BNPB, TNI dan Kementerian Luar Negeri.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan, dukungan Indonesia untuk penanganan karhutla difokuskan pada wilayah New South Wales (NSW). Operasi yang akan dilaksanakan Satgas ini yaitu membuka dan membersihkan akses menuju pemukiman warga dan jalur-jalur lain. 

"Kawasan operasi berada dalam radius yang aman, berkisar 5 – 10 km di Distrik Eden, NSW. Satgas Garuda akan membantu Rural Fire Service pada lapis kedua," jelas Agus, Sabtu (1/2/2020). 

Baca Lainnya : Terparah di Dunia, Asap Karhutla Australia Tidak Menyebar ke Indonesia

Agus menjelaskan, kawasan terdampak yang akan dilalui berupa perbukitan dengan fasilitas jalan beraspal. Temperatur satu bulan terakhir antara 9 – 31 derajat celcius. Dilihat dari jarak tempuh, kawasan Eden berjarak 49 km dari Sydney sehingga untuk pilihan pergeseran pasukan dari Richmond akan menggunakan transportasi darat atau pun udara. 

Satgas yang diangkut dengan pesawat C-130 Hercules membawa 41 personel TNI, 2 BNPB dan 1 Kemlu. Personel TNI dikirimkan memiliki beragam kualifikasi seperti konstruksi dan medis.

Baca Lainnya : Indonesia Turun Tangan Padamkan Kebakaran Hutan Australia

"Mereka yang menuju Australia dibekali beberapa peralatan untuk mendukung operasi maupun keselamatan dan kesehatan personel,"tambahnya. 

 Pada saat pelepasan, Atase Militer Kedutaan Besar Austrlia dan Kepala Pusdalops BNPB turut hadir di Base Ops Lapangan Udara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur. 

 


 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: