Lebih dari 6.000 Orang Terinfeksi, WHO Serukan Seluruh Negara Melawan Virus Corona

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 Jan 2020   12:00 WIB

Komentar
Lebih dari 6.000 Orang Terinfeksi, WHO Serukan Seluruh Negara Melawan Virus Corona

Petugas keamanan berpatroli di pasar ikan tradisional Huanan di kota Wuhan, China (Foto : HECTOR RETAMAL/AFP)

Trubus.id -- Berbagai langkah ditempuh oleh sejumlah negara guna menekan penyebaran virus corona yang telah menelan 170 korban jiwa di China. Langkah tersebut meliputi penempatan orang-orang di karantina serta dihentikannya seluruh penerbangan dari ataupun ke China. Langkah lainnya adalah mengevakuasi warga mereka dari Kota Wuhan, di Provinsi Hubei.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan dunia agar waspada untuk melawan virus corona. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan. Ryan memuji respons China terhadap wabah mematikan itu. Ia mengatakan bahwa China tengah menghadapi tantangan besar wewabahnya virus corona, tetapi respon yang dilakukan sangat cepat.

Sekedar informasi, WHO akan menggelar pertemuan pada hari ini Kamis (30/1) untuk membahas apakah akan menetapkan kasus ini sebagai darurat kesehatan dunia atau tidak.

Baca Lainnya : Virus Corona Mewabah, Jumlah Korban Meninggal Kini Capai 170 Orang

Kota Wuhan, China sendiri merupakan tempat awal penyebaran corona pada akhir Desember 2019 lalu. Seiring berjalannya waktu, virus ini menyebar ke berbagai ke seluruh wilayah China dan berbagai negara lainnya seperti Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, Jerman, Finlandia hingga Uni Emirat Arab. Tercatat lebih dari 6.000 orang telah terinfeksi.

Lebih lanjut Ryan mengatakan tim ahli internasional sedang berkumpul untuk pergi ke China dan bekerja dengan para ahli di sana untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana penyakit ini ditularkan.

"Kami berada di titik penting dalam kejadian ini. Kami percaya rantai penularan ini masih dapat diputus," ujarnya seperti dilaporkan BBC. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: