Virus Corona Mewabah, Pemerintah Siapkan 21 Kapsul Isolasi pada 19 Daerah

TrubusNews
Binsar Marulitua
29 Jan 2020   07:30 WIB

Komentar
Virus Corona Mewabah, Pemerintah Siapkan 21 Kapsul Isolasi pada 19 Daerah

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Virus Corona yang mulai mewabah dari Wuhan, Tiongkok telah menyebar ke 13 negara di dunia sampai Selasa 28 Januari 2020. Kini, Pemerintah Indonesia mengantisipasi penularan virus penyebab pneumonia mematikan tersebut dengan menyiapkan 21 kapsul yang tersebar di 19 daerah.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengatakan Kemenkes akan men-support leading sector, dengan menyiapkan semua sarana prasarana isolasi, rumah sakit dan sebagainya. 

21 kapsul evakuasi tersebut akan ditempatkan pada daerah-daerah kemungkinan terbesar terjangkit virus 2019-nCoV tersebut. Dengan cara tersebut akan mempermudah sekaligus melindungi penyebaran terduga penderita virus menuju Rumah Sakit untuk dilakukan isolasi.

Untuk perawatan di Rumah Sakit, Menkes Terawan menyebutkan teknik mengisolasi agar tidak menulari yang lain dan meningkatkan ketahanan tubuh dengan memberikan asupan baik.

Baca Lainnya : Ludes di Tiongkok, BNPB Kirimkan 10 Ribu Masker N95 untuk WNI Hadapi Wabah Corona

“Itu teknik dokter itu untuk meningkatkan kemampuannya. Ya kan, supaya dia menjadi sehat bisa melawan, imunitasnya bisa melawan virusnya, itu saja,” ujar Menkes Terawan 

Menkes Terawan menjelaskan penempatan 21 kapsul isolasi, lokasinya berada di pintu-pintu masuk terutama prioritas pada daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi untuk masuknya pendatang-pendatang dari Tiongkok. 

Ia juga menjelaskan, untuk mengetahui pasien mengidap virus Corona, membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari pengecekan. Hal tersebut tergantung pada kualitas pengiriman lab yang diperiksa di Jakarta. 

Baca Lainnya : Wabah Virus Corona, Jokowi Pastikan Logistik untuk WNI Tersalurkan ke Wuhan Tiongkok

“Kalau pengiriman kualitasnya belum baik kita minta ulang. Kan itu kan butuh proses ya, supaya hasilnya itu akurat. Supaya kita tidak memberikan informasi yang salah, karena ini penting sekali menyangkut kebijakan selanjutnya,” ujarnya. 

Saat ini, lanjut Menkes Terawan, Kemenkes telah menyiapkan 3 rumah sakit yang memiliki chamber ketahanan negatif, untuk ICU ketahanan negatif dan gedung untuk isolasi.
Ketiga rumah sakit tersebut adalah RS Sulianti Saroso, RSPAD, dan RS Persahabatan. 

“Ya, itu bisa kita lakukan, tergantung aja nanti kayak apa modelnya mau bertahap atau mau langsung itu enggak ada masalah. Yang paling penting kita Kementerian Kesehatan siap,” tegas Terawan.

Virus Corona Baru merupakan anggota keluarga virus corona yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Virus tersebut diduga berasal dari hewan. Mereka yang terinfeksi kebanyakan bekerja atau sering berbelanja di pasar grosir makanan laut di Wuhan, Tiongkok.

Infeksi virus tersebut telah menyebar ke 13 negara dunia, yaitu Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, hingga Vietnam.

Menurut WHO, penyakit yang memiliki risiko tinggi kematian ini penularan antar manusia hanya ditemukan di Tiongkok. Sementara beberapa kasus seperti di Thailand, Singapura, Taiwan tidak menular antar manusia melainkan riwayat perjalan ke Negeri Tirai Bambu tersebut.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: