Ludes di Tiongkok, BNPB Kirimkan 10 Ribu Masker N95 untuk WNI Hadapi Wabah Corona

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Jan 2020   14:31 WIB

Komentar
Ludes di Tiongkok, BNPB Kirimkan 10 Ribu Masker N95  untuk WNI Hadapi Wabah Corona

Ilustrasi. Masyarakat Tiongkok menggunakan masker menghindari penyebaran virus korona. (Foto : AP Photo/Eugene Hashiko)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengirimkan bantuan 10 ribu lembar masker N95 untuk Warga Negara Indonesia (WNI) khususnya mahasiswa Indonesia yang berada di Wilayah Wuhan, Provinsi Hubei dan sekitarnya.

Pengiriman tersebut dilakukan sebagai respon BNPB atas permohonan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing terkait berjangkitnya wabah Virus Korona di Tiongkok.

"Ada 10 ribu masker untuk WNI dikirim besok", ujar Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Baca Lainnya : Wabah Virus Corona, Jokowi Pastikan Logistik untuk WNI Tersalurkan ke Wuhan Tiongkok

Sebelumnya, KBRI Beijing mendapatkan instruksi Presiden RI Joko Widodo agar membagikan masker kepada seluruh WNI di Tiongkok, akan tetapi stok masker di Negara Tirai Bambu tersebut tidak tersedia di hampir seluruh wilayah.

Kepala BNPB Doni Monardo turut memberi arahan kepada jajaran BNPB,agar melaksanakan apa yang tertuang dalam UU Nomor 24 tahun 2007 terkait bencana non-alam dan Inpres No 4 tahun 2019.  Sehingga pengiriman bantuan dapat segera dilakukan tanpa menunggu status darurat, terlebih untuk kasus  yang terjadi di Tiongkok.

Baca Lainnya : Mobilisasi Pekerja China - Indonesia Tinggi, Ombudsman Minta Pemerintah Bentuk Crisis Center Corona

"Saya minta BNPB harus bisa mempersiapkan diri karena amanah undang-undangnya termasuk bencana non-alam, termasuk pandemik merupakan tanggung jawab BNPB. Termasuk diperkuat dengan inpres  no 4 thn 2019. Saya minta tidak perlu menunggu status," kata Doni.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menyampaikan bahwa 243 Warga Negara Indonesia (WNI) di Kota Wuhan, China, dalam kondisi sehat.

“Saya ingin mengimbau ke masyarakat untuk menjaga hidup sehat agar imunitasnya dapat terjaga dengan baik,” kata Menkes di Jakarta, (27/1/2020). 

Pihaknya juga memastikan saat ini pemerintah Indonesia bertanggung jawab penuh untuk mengantisipasi masuknya virus korona ke Indonesia.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: