Kemenkes Tegaskan Virus Corona Tak Menular Lewat Barang Ataupun Pakaian

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
Kemenkes Tegaskan Virus Corona Tak Menular Lewat Barang Ataupun Pakaian

Ilustrasi - Tes darah dilakukan untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus corona atau tidak (Foto : Shutterstock)

Trubus.id -- Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegaan dan Pengandalian Penyakit, Achmad Yurianto mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir dengan penyebaran virus corona (2019-nCoV) melalui barang ataupun pakaian, ia menegaskan bahwa virus corona tidak menyebar melalui barang atau pakaian.

“Virus tidak dapat menular melalui benda mati. Virus itu analog, sama persis dengan benalu di pohon. Benalu ini tidak akan hidup di pohon yang mati, sehingga butuh sel hidup. Terkait dengan barang-barang tentu bukan sel hidup kan, sehingga akan mati. Karenanya sangat tidak memungkinkan jika menular melalui barang maupun pakaian, jadi masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait itu,” demikian dikatakan Yuri lewat keterangan resminya, Selasa (28/1).

Pasalnya untuk tetap bertahan hidup dia membutuhkan inangnya. Yuri pun menganalogikan virus layaknya tumbuhan benalu yang membutuhkan perantara.

Menurutnya, yang justru harus diwaspadai adalah kebiasaan kita yang seringkali lupa untuk menjaga kebersihan diri sendiri seperti kebiasaan menyentuh muka dan mulut tanpa memerhatikan kebersihan tangan.

“Justru titik lemah yang kita perhatikan, ada kebiasaan-kebiasaan berdasarkan dalam satu menit rata-rata setiap orang menyentuh mata, hidung dan mulut itu paling tidak 2 kali tanpa kita sadari, kalau tangan ini tercemar maka sama saja kita memasukkan sesuatu ke tubuh kita,” bebernya.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mengimbau kepada masyarakat agar mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya untuk mencegah tertular virus corona.

“Kita harapkan masyarakat memahami betul bahwa perilaku hidup bersih dan sehat harus dilakukan. Menggunakan masker untuk mengindari percikan serta mencuci tangan pakai sabun atau antiseptik perlu dilakukan agar tetap sehat,” tutup Yuri.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: