Bina Swadaya Gelar Aksi Sosial Donor Darah, Perdana di 2020

TrubusNews
Thomas Aquinus
21 Jan 2020   16:00 WIB

Komentar
Bina Swadaya Gelar Aksi Sosial Donor Darah, Perdana di 2020

Suasana kegiatan donor darah Bina Swadaya di Wisma Hijau, Depok. (Foto : Trubus.id/Iman)

Trubus.id -- Kepedulian Yayasan Bina Swadaya terhadap sektor kesehatan terkait kebutuhan kantong darah diwujudkan dengan menggelar bakti sosial donor darah. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Depok, kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan di Wisma Hijau ini diperoleh sekitar 90 kantong darah dari 150 peserta yang mengikuti donor darah. 

Anang Arifin, wakil ketua bidang olahraga, kesenian dan sosial Bina Swadaya mengatakan, Bina Swadaya sejak tahun 2000 selalu rutin menyelenggarakan bakti sosial donor darah. 

“Pertama, dulu karena kita punya lokasi di dua tempat, Wisma Hijau dan Wisma Janakarya. Namun kali ini kita akan fokus layanan kami di Wisma Hijau”, ujar Anang, Selasa (14/1).

Baca Lainnya : Enam Anggota SCA Asal Afghanistan Belajar Isu Kemanusiaan dan Gender di Bina Swadaya

Menurut Anang, awal kegiatan donor darah diikuti oleh kalangan internal karyawan Trubus Bina Swadaya. Namun, semakin besarnya antusias dari warga yang ingin terlibat, maka dalam beberapa tahun terakhir  kegiatan donor darah terbuka juga untuk masyarakat umum.

“Antensi yang diberikan mereka sangat tinggi, sehingga banyak juga yang akhirnya kita tidak bisa melayani yang memang kuotanya terbatas dari Palang Merah Indonesia”, ujarnya.

Anang menilai, donor darah perdana tahun 2020 semakin menarik dengan pastisipasi anak muda yang besar. “Selain dari karyawan, anak muda dari sekitar Wisma Hijau ikut mendonorkan darahnya di Bina Swadaya”, katanya.

Baca Lainnya : Bina Swadaya Gelar Bincang-Bincang Wisma Hijau Sebagai Forum Pemberdayaan dan Pendidikan

Yusuf, salah satu pemuda yang tinggal di sekitar Mekarsari mengungkapkan dirinya sudah beberapa kali ikut donor darah yang diselenggarakan Bina Swadaya di Wisma Hijau. Menurutnya, apa yang dilakukannya layaknya sedekah darah yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

“Kalau saya terutama lebih ke manfaat pribadi, yang kedua bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena kita hidup untuk bermanfaat bagi orang lain”, ujar Yusuf yang sudah 10 kali mendonorkan darahnya.

Kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan oleh Bina Swadaya selalu rutin dilakukan di Wisma Hijau, Depok. Sebelumnya, selama 5 kali penyelenggaraan aksi donor darah di tahun 2019, Bina Swadaya yang bekerjasama dengan PMI Depok berhasil mengumpulkan sekitar 480 kantong darah. [NN]


 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: