Tiga Gunung Api di Indonesia Masih Berstatus Level III

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Jan 2020   19:00 WIB

Komentar
Tiga Gunung Api di Indonesia Masih Berstatus Level III

Ilustrasi eruspi gunung api (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Tiga gunung api di wilayah Indonesia masih berstatus level III atau ‘waspada.’ Ketiga gunung api tersebut yaitu Gunung Karangetang di Sulawesi Utara, Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan Gunung Agung di Bali.  

"Otoritas kegunungapian PVMBG, telah memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah terkait potensi ancaman bahaya erupsi setiap gunung api tersebut," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Jumat (17/1/2020). 

Agus menjelaskan, menyikapi potensi erupsi gunung,  BNPB mengimbau masyarakat yang berada di pada wilayah gunung api tersebut untuk selalu memantau informasi, khususnya dari otoritas terkait, yaitu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Apabila melihat rekomendasi yang diberikan oleh PVMBG, kita dapat melihat bahwa setiap gunung api tadi memiliki karakter ancaman yang berbeda.

Baca Lainnya : KLHK Terapkan Penanganan Holistik Bencana Ekologis Tahun 2020

"Misal, Gunung Karangetang, PVMBG merekomendasikan masyarakat atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada zona prakiraan bahaya, yaitu 2,5 km dari puncak kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua kea rah Barat Laut – utara sejauh 4 km, serta dari kawah utama sejauh 3 km ke arah barat,"jelasnya.

Sementara itu, lanjut Agus, rekomendasi PVMB yang diberikan kepada pemerintah daerah terkait dengan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, yaitu masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Baca Lainnya : Tinjau Bencana Lebak, Jokowi Minta Perambahan Hutan Penyebab Banjir Bandang Dihentikan

"Serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tambahnya. 

Indonesia memiliki 127 gunung api aktif, dari jumlah tersebut tidak ada gunung api berstatus level IV atau 'awas.' Level tersebut merupakan status tertinggi terkait menyikapi potensi ancaman erupsi gunung api.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: