Hebat, Remaja 17 Tahun yang Tengah Magang di NASA Temukan Planet Baru

TrubusNews
Syahroni
16 Jan 2020   12:00 WIB

Komentar
Hebat, Remaja 17 Tahun yang Tengah Magang di NASA Temukan Planet Baru

Planet baru yang disebut TOI 1338. (Foto : First Post )

Trubus.id -- Penasihat sekolah selalu memberi tahu siswa untuk memanfaatkan magang musim panas sebaik-baiknya, dan remaja asal New York, Wolf Cukier, yakin membuktikan hal itu. 

Remaja berusia 17 tahun itu bergabung dengan program magang NASA di Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, setelah tahun pertamanya di Scarsdale High School. Cukier menerima tugas untuk memeriksa variasi dalam kecerahan bintang yang ditangkap oleh Satelit Transit Exoplanet Survey NASA (TESS).

Pada hari ketiga kerjanya, Cukier memperhatikan sinyal aneh datang dari sistem yang disebut TOI 1338. Ketika anak magang itu terus menggali lebih dalam ke dalam data, dia punya firasat bahwa apa yang dia temukan sebenarnya adalah sebuah planet baru.

"Saya mencari-cari di dalam data untuk semua yang telah ditandai oleh para sukarelawan sebagai biner gerhana, sebuah sistem di mana dua bintang mengelilingi satu sama lain dan dari pandangan kami saling gerhana setiap orbit," kata Cukier dalam rilis berita NASA. "Sekitar tiga hari sebelum magang, saya melihat sinyal dari sistem yang disebut TOI 1338. Awalnya saya pikir itu adalah gerhana bintang, tetapi waktunya salah. Ternyata itu adalah sebuah planet."

NASA menamakan planet itu TOI 1338 b. Ini adalah penemuan luar biasa pertama oleh TESS, yang berarti dunia yang mengorbit dua bintang. Ini 6,9 kali ukuran Bumi dan mengorbit pada bidang yang hampir sama dengan bintang-bintangnya. Ini berarti secara teratur mengalami gerhana bintang.

Cukier ikut menulis makalah dengan para ilmuwan dari Goddard, Universitas Negeri San Diego, Universitas Chicago dan lembaga-lembaga lain tentang penemuan itu. Mereka baru-baru ini menyerahkan karya mereka ke jurnal ilmiah untuk diterbitkan.

"Ada kandidat PhD yang mati-matian untuk memiliki jenis peluang yang Wolf telah beruntung dapatkan dalam magang ini. Itu adalah kebetulan yang luar biasa, keren," kata ibu Wolf, Beth Cukier, kepada CBS.

Sistem TOI 1338 berjarak 1.300 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pictor. Dua bintang saling mengorbit setiap 15 hari. TOI 1338 b adalah satu-satunya planet yang dikenal dalam sistem.

Planet-planet yang mengorbit dua bintang sulit untuk dideteksi TESS karena lintasannya yang tidak beraturan di depan bintang-bintang mereka. Cukier harus secara visual memeriksa setiap lintasan ini untuk mencapai kesimpulannya.

"Ini adalah jenis sinyal yang benar-benar diperjuangkan oleh algoritma," kata pemimpin penulis Veselin Kostov, seorang ilmuwan penelitian di SETI Institute dan Goddard. "Mata manusia sangat pandai menemukan pola dalam data, terutama pola non-periodik seperti yang kita lihat dalam transit dari sistem ini."

TESS diperkirakan akan mengamati ratusan ribu binari gerhana selama misi dua tahun pertamanya, yang berarti lebih banyak lagi planet-planet sirkulasi yang dapat ditemukan dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk Cukier, ia berencana untuk menggunakan pengalaman ini sebagai cara untuk memulai karirnya. Dia berencana untuk belajar fisika atau astrofisika di perguruan tinggi - pendidikan yang bisa melayaninya dengan baik di tempat seperti NASA.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: