Lendir Siput Menginspirasi Penelitian Perekat Super yang Dapat Menempelkan Manusia di Langit-Langit

TrubusNews
Hernawan Nugroho
13 Jan 2020   21:00 WIB

Komentar
Lendir Siput Menginspirasi Penelitian Perekat Super yang Dapat Menempelkan Manusia di Langit-Langit

Tak lama lagi, manusia bisa melekat di dinding dan langit-langit (Foto : nature)

Trubus.id -- Dengan sedikit bantuan dari hewan yang berlendir dan bercangkang, siput, para ilmuwan telah mengembangkan superglue lengket yang jahat yang cukup kuat untuk menahan manusia dari langit-langit hanya dengan tambalan berukuran perangko. Kabar baiknya, manusia bisa merayap seperti tokek di dinding, itu reversibel dan dapat diaktifkan atau tidak sesuai kebutuhan.

Dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, para ilmuwan di University of Pennsylvania memiliki ide untuk mengembangkan perekat super kuat tetapi reversibel. Sebagai inspirasi, mereka mengambil dari yang ada di alam.

Moluska, terutama siput dan siput, mampu menempel pada permukaan berkat lendir yang diproduksi secara gloopy. Dalam bentuknya yang basah, ini memungkinkan tingkat kelengketan yang tepat dan juga memungkinkan hewan untuk bergerak. Namun, setelah mengeras, moluska dapat menempel pada permukaan untuk jangka waktu yang lama.

Baca Lainnya : Makin Populer, Kandungan Lendir Siput dalam Produk Skincare yang Bikin Antikeriput

Sementara mencari bahan seperti ini, anggota tim peneliti menemukan hidrogel yang terbuat dari polimer yang disebut polyhydroxyethylmethacrylate, yang dikenal sebagai PHEMA, yang kenyal ketika basah tetapi kaku saat kering. Dalam hal ini, reversibilitasnya dikendalikan oleh air.

Investigasi lebih lanjut ke dalam PHEMA memperkuat posisinya sebagai kandidat yang ideal. Jika diterapkan pada permukaan dalam keadaan basah, ia terus menyebar ke celah-celah kecil dan rongga, tidak seperti bahan lengket lainnya yang cenderung menyusut saat mengering, yang membuatnya cenderung terkelupas.

"Ini seperti mainan masa kanak-kanak yang Anda lemparkan ke dinding dan mereka tempel. Itu karena mereka sangat lunak. Bayangkan selembar plastik di dinding; itu terlepas dengan mudah. ​​Tetapi benda-benda yang licin akan sesuai dengan rongga," penulis utama Shu Yang, seorang profesor di Departemen Ilmu dan Teknik Material dan di Departemen Teknik Kimia dan Biomolekuler, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Saat bahan kering, biasanya menyusut. Jika menyusut dari permukaan, ia tidak lagi ingin menyesuaikan dengan microcavities dan itu akan muncul, "kata Yang." Perekat PHEMA kami tidak muncul. Itu tetap konformal. Itu mengingat bentuknya bahkan ketika itu kering dan kaku."

Baca Lainnya : Ternyata, Lendir Siput Ampuh Atasi Jerawat Pada Wajah, Berani Coba?

Jelas, Anda tidak ingin membangun rumah atau membuat mobil dengan barang-barang ini, karena hujan akan membuat kelengketannya menjadi singkat. Namun, para peneliti mengatakan bahan perekat dengan reversibel yang diaktifkan air dapat memiliki beberapa aplikasi yang berguna dalam penelitian ilmiah dan kedokteran.

Sementara itu, para ilmuwan juga sedang mencari perekat lain yang bisa menjadi reversibel dengan menanggapi isyarat, apakah itu bahan kimia dan pH atau cahaya dan panas.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: