Banjir Terjang Desa Balusu, Sulsel, 1 Orang Meninggal Dunia

TrubusNews
Astri Sofyanti
13 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
Banjir Terjang Desa Balusu, Sulsel, 1 Orang Meninggal Dunia

Banjir melanda Sulawesi Selatan (Foto : Biro Humas BNPB)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan melaporkan, hujan deras mengakibatkan Dusun Buludua, Desa Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir, Senin (13/1) dini hari.

Selain itu, BPBD Sulawesi Selatan juga menyebutkan, hujan deras mengakibatkan genangan di berbagai titik. Fenomena cuaca ekstrem ini sesuai dengan prakiraan BMKG yaitu potensi hujan lebat di wilayah Sulawesi Selatan dengan status ‘Siaga.’

“BPBD setempat melaporkan 1 orang meninggal dunia akibat terbawa arus banjir,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Senin (13/1).

Sebanyak 121 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Banjir dan angin puting beliung juga terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Ketiga kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Balusu, Soppeng Riaja dan Mallusetasi.

Insiden tersebut mengakibatkan rumah penduduk tergenang air dan sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas trans-Sulawesi padat.

“Banjir ini mengakibatkan kerusakan tiga rumah warga dengan kategori rusak berat dan kerusakan infrastruktur jalan desa di wilayah Oring, Kecamatan Balusu, satu jembatan gantung di Kelurahan Kiru-Kiru, Kecamatan Soppeng Riaja, dan tanggul pantai di Kelurahan S. Binangae dan pasar Ajakkang di Kecamatan Balusu,” lanjut Agus.

BNPB mengimbau kepada BPBD wilayah tengah dan timur untuk siaga, salah satunya memonitor peringatan dini yang diberikan oleh BMKG sehingga mereka dapat melanjutkan peringatan dini kepada masyarakat.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: