Hujan Petir Intai DKI Jakarta Hari Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Jan 2020   09:30 WIB

Komentar
Hujan Petir Intai DKI Jakarta Hari Ini

Ilustrasi - hujan lebat (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang yang diprediksi terjadi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Sabtu (11/1). Melalui laman resminya, BMKG menyebut jika hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi pada malam hari nanti.

Sementara untuk wilayah lainnya seperti, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu telah diguyur hujan sejak pagi tadi.

Sebelumnya BMKG mengelurkan informasi mengenai hasil analisis dinamika atmosfer. Bahwa, aktivitas monsun Asia masih signifikan dan gelombang atmosfer (MJO) di wilayah Indonesia masih aktif.  

Sementara untuk wilayah penyangga ibu kota lainnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sejak pagi hingga siang hari nanti.

Hasil analisis dinamika atmosfer itu juga menunjukkan pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Provinsi Banten bagian utara hingga Provinsi Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia. Kondisi itu berpotensi secara signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan: