Sambangi Kantor Menpan RB, Mentan Syahrul Bahas Penguatan Penyuluhan Pertanian

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Jan 2020   15:00 WIB

Komentar
Sambangi Kantor Menpan RB, Mentan Syahrul Bahas Penguatan Penyuluhan Pertanian

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Kamis (9/1/20) (Foto : Biro Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyambangi Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo ke Kantor Kemenpan RB, Jakarta. Pada kunjungan tersebut, Mentan Syahrul mengatakan, dirinya berdiskusi mekanisme dan rancangan program jangka panjang untuk membangun pertanian di wilayah Merauke, salah satunya adalah memperkuat kelembagaan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani). Mentan Syahrul juga meminta dukungan Menpan RB tentang optimalisasi kelembagaan para penyuluh.

"Pertemuan ini selain meningkatkan sinergitas, juga sebagai koordinasi untuk kepentingan bangsa dan negara. Kami ingin mencari solusi bersama terkait hadirnya lapangan pekerjaan untuk rakyat serta mempercepat upaya pengentasan kemiskinan," kata Mentan Syahrul, lewat keterangan resminya.

Menurut Syahrul, rancangan ini juga sudah memiliki target ekspor sebesar 200 triliun dengan menggunakan sistem mekanisasi dan teknologi. Di samping berupaya menjamin tercukupinya kebutuhan makan 267 juta penduduk Indonesia.

"Peranan para penyuluh sebagai ujung tombak utama pertanian kita juga harus diperkuat secara masif dan terstruktur di semua level desa," tambah Syahrul.

Ada pun Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran dari Balai Penyuluh Pertanian yang ada di daerah-daerah hingga ke tingkat kecamatan.

Kostratani berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. Balai-balai penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan akan dilengkapi dengan data dan perangkat digital yang bisa memantau kapan dilakukan panen, proses tanam, dinamika pasar dalam dan luar negeri sampai pergerakan Alsintan.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan terimaksih atas kunjungan Mentan Syahrul ke ruang kerjanya sebagai upaya memperkuat koordinasi dan sinergitas.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo mengaku siap melakukan kolaborasi dengan jajaran Kementerian Pertanian dalam membangun kedaulatan pangan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: