BMKG Ingatkan masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Jawa

TrubusNews
Astri Sofyanti
10 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
BMKG Ingatkan masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Jawa

Ilustrasi - gelombang tinggi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya kemungkinan potensi gelombang tinggi di Laut Selatan Pulau Jawa. BMKG lantas mengimbau masyarakat, khususnya nelayan, untuk menyesuaikan kemampuan mereka dengan kemampuan kapal saat menghadapi gelombang tinggi. Pihaknya meminta nelayan dengan kapal-kapal kecil untuk tidak memaksakan diri melaut dalam situasi tersebut.

"Tinggi gelombang yang perlu diwaspadai masyarakat itu paling tidak di selatannya Jawa, Samudera Hindia dan di Laut China Selatan," demikian dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Citra Indraja BMKG Endarwin di Kantor BMKG, Jakarta, mengutip Antaranews, Jumat (10/1).

Meski ada potensi gelombang tinggi, BMKG menegaskan bahwa situasi di Laut Jawa asih relatif aman, dengan kecepatan angin di di perairan tersebut tidak terlalu tinggi meski terdapat banyak pertumbuhan awan hujan.

"Jadi tinggi gelombangnya masih rendah. Yang agak tinggi justru di selatan Jawa dan Laut China Selatan," paparnya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terkait dengan masuknya musim hujan dan prediksi gelombang tinggi, terutama masyarakat pesisir di bagian selatan Pulau Jawa.

"Untuk musim hujan mungkin masyarakat harus mewaspadai. Tidak harus menunggu hujan lebat. Hujan ringan pun bisa banjir. Karena itu perlu waspada dan bisa antisipasi, terutama dengan drainasenya," pungkas Endarwin.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan:          
Bagikan: