Laba-laba Ini Memangsa Ikan Mas yang Berukuran 2 Kali Lebih Besar

TrubusNews
Thomas Aquinus
10 Jan 2020   09:00 WIB

Komentar
Laba-laba Ini Memangsa Ikan Mas yang Berukuran 2 Kali Lebih Besar

Laba-laba memangsa ikan. (Foto : Fox News)

Trubus.id -- Seorang pemandu wisata di Barberton, Afrika Selatan, ingin menunjukkan kepada teman kencannya ikan mas peliharaannya, Cleo, yang disimpannya di kolam dekat rumahnya. Yang mengejutkan pria itu, Cleo tidak ada di kolam ketika dia sampai di sana; ia melayang di udara, terjebak dalam taring laba-laba.

Pria bernama Jérémy Schalkwijk tersebut tahu dia menyaksikan sesuatu yang luar biasa ketika dia mengeluarkan kameranya dan mulai membuat foto saat-saat terakhir Cleo. Sedih untuk ikan, kematiannya hanyalah bagian dari hari-hari biasa bagi pembunuh berkaki delapan yang dikenal sebagai laba-laba perawat (Pisauridae) - keluarga arakhnida semiakuatik yang bisa berjalan di atas air yang tenang, menyelam di bawah permukaan untuk menghindari predator dan bahkan "ikan", lalu memangsa yang besarnya berkali-kali ukurannya sendiri.

Seberapa umum predasi laba-laba pada ikan? Menurut sebuah studi tahun 2014 dalam jurnal PLOS ONE, laba-laba di delapan dari 109 keluarga arakhnida di dunia dapat menangkap dan memakan ikan kecil, dan melakukannya di setiap benua kecuali Antartika. Alih-alih membangun jaring untuk menangkap mangsa, arakhnida ini berburu makanan mereka sendiri, di darat dan di dalam air. (Yang menarik, beberapa laba-laba dalam keluarga ini juga dikenal sebagai "laba-laba memancing," "laba-laba dermaga" dan "laba-laba rakit.")

Baca Lainnya : Mengapa Jaring Laba-laba Tidak Mudah Busuk? Ini Dia Penyebabnya

Mereka melakukan ini dengan menurunkan kaki depan mereka ke bawah untuk beristirahat di permukaan air sambil menjangkarkan kaki belakang mereka ke batu atau tanaman yang berdekatan. Air bertindak seperti jaring, dengan laba-laba mampu mendeteksi riak-riak kecil yang dibuat, misalnya, ketika serangga yang sial jatuh dan terperangkap oleh tegangan permukaan air.

Ketika sesuatu yang lezat melewati tempat laba-laba - apakah itu serangga yang jatuh atau ikan yang lewat - laba-laba itu menyerang dengan kaki depannya dan membawa mangsanya ke rahangnya. Laba-laba menggigit dengan taring yang menusuk daging, menyuntikkan mangsanya dengan racun neurotoksik yang mematikan, lalu akhirnya menyeret buruannya yang mati ke tanah kering.

Dalam sebuah wawancara dengan The Sun, Schalkwijk memperkirakan bahwa Cleo pastinya dua kali lipat panjang dan berat laba-laba itu. Meskipun ini mungkin tampak seperti beban yang luar biasa untuk ditanggung, sebenarnya laba-laba ini di bawah rata-rata. Dalam studi tahun 2014, yang mensurvei 89 insiden pemangsaan laba-laba pada ikan, ikan yang terjerat sekitar 2,2 kali lebih panjang dari rata-rata, dengan beberapa spesies laba-laba menjerat ikan lima kali ukurannya.

Itu cukup aneh - tetapi tidak seramai laba-laba "birdeater" Goliath di Amerika Selatan, yang dapat tumbuh hingga 1 kaki (0,3 meter). Apa yang dimakan birdeater Goliath? Coba tahu sendiri. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: