BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 Jan 2020   11:30 WIB

Komentar
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi - hujan lebat (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini adanya kemungkinan potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang akan melanda berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, berbagai wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem meliputi Sumatera bagian selatan, seluruh Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku hingga Papua, sebagian Kalimantan, dan Sulawesi. Dirinya mengungkapkan, secara keseluruhan dalam sepekan ke depan, banyak wilayah perlu mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan intensitas tinggi ataupun ekstrem.

"Dari analisis prediksi BMKG, khususnya untuk antara tanggal 8 sampai 10 Januari 2020, BMKG mendeteksi adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi, dengan tingkat kepastiannya mencapai 90 persen. Hujan diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah seperti, Banten bagian barat, Jawa Tengah, dan Gorontalo,” tambahnya.

Meskipun hanya BMKG hanya memprediksi untuk tiga hari ke depan, tetapi Kepala BMKG menegaskan bahwa hingga seminggu ke depan potensi hujan lebat masih akan terjadi secara merata di berbagai wilayah di Indonesia.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada karena kondisi cuaca yang seperti ini tidak hanya terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), tetapi juga berlaku di berbagai daerah lainnya di Indonesia.

"Tetap waspada, selalu memantau prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem yang diberikan. Peringatan dini terkait hujan ekstrem tersebut bertujuan agar masyarakat juga waspada dan mengantisipasi adanya potensi bencana yang lain, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan banjir bandang,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: