Untuk Menyelamatkan Koala dari Kebakaran Hutan, Sekarang Kita Bisa 'Mengadopsi' Koala

TrubusNews
Hernawan Nugroho
08 Jan 2020   13:00 WIB

Komentar
Untuk Menyelamatkan Koala dari Kebakaran Hutan, Sekarang Kita Bisa 'Mengadopsi' Koala

Mengadopsi koala yang dimaksud adalah dengan berdonasi dalam jumlah tertentu untuk koala yang kita pilih (Foto : WWF)

Trubus.id -- Sejak September 2019 lalu, Australia menghadapi kebakaran hutan yang masih terjadi hingga awal tahun 2020 ini. Sebenarnya, kebakaran hutan yang terjadi di Australia merupakan hal yang umum terjadi saat musim panas.

Namun kebakaran hutan Australia yang terjadi kali ini berbeda, Trubus Mania, karena peristiwa kebakaran hutan kali ini disebut sebagai yang terparah sepanjang sejarah Australia. Kebakaran hutan dapat terjadi karena kondisi yang sangat kering pada semak atau rumput, yang kemudian bisa menciptakan percikan api dan menjalar ke bagian lainnya.

Sejak terjadi pada bulan September 2019 lalu, sudah banyak korban dari peristiwa kebakaran hutan ini. Sekitar seribu rumah terbakar, korban manusia, dan hampir setengah juta hewan diperkirakan menjadi korban dari kebakaran hutan Australia kali ini.

Hewan yang termasuk menjadi korban dari kebakaran hutan kali ini adalah koala dan kanguru, yang merupakan hewan nasional Australia. Aktivis lingkungan memperkirakan kalau lebih dari 8.000 koala mati karena kebakaran hutan kali ini. Sedangkan masih banyak koala yang diperkirakan terluka karena luka bakar atau hal lainnya.

Baca Lainnya : Kebakaran Hutan di Australia Ciptakan Gelombang Panas Ekstrem Sepekan ke Depan

Berbagai upaya penyelamatan kemudian dilakukan oleh berbagai pihak untuk menyelamatkan hewan-hewan yang ada di hutan, agar tidak menjadi korban dari kebakaran hutan yang terjadi, termasuk koala. Pemerintah Australia, pemadam kebakaran, berbagai organisasi pecinta hewan, bahkan masyarakat Australia bersama-sama berusaha menyelamatkan hewan.

Ada yang memberikan minum kepada koala, menyelamatkan koala dari hutan yang terbakar, maupun membawa koala yang terluka ke rumah sakit. Nah, sekarang ternyata tidak hanya penduduk Australia saja, nih, yang bisa membantu menyelamatkan koala dari kebakaran hutan yang terjadi.

Saat ini, setiap orang bisa menyelamatkan koala dari kebakaran hutan dengan cara mengadopsi koala. Tapi mengadopsi yang dimaksud di sini berbeda dengan mengadopsi kucing atau anjing yang lazim dilakukan. Koala yang sudah diadopsi tentu saja tidak bisa dibawa pulang untuk menjadi hewan peliharaan. Mengadopsi koala yang dimaksud adalah dengan berdonasi dalam jumlah tertentu untuk koala yang kita pilih.

Program adopsi koala ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Kita bisa mengakses beberapa situs yang dibuat oleh organisasi tertentu, seperti WWF, WIRES, atau organisasi lainnya untuk melakukan 'adopsi' koala. Nantinya, pada situs itu akan ada berbagai pilihan yang bisa kamu pilih saat 'mengadopsi' koala atau hewan lainnya yang terdampak kebakaran huta. Misalnya, koala yang ingin 'diadopsi', jumlah donasi yang ingin diberikan, maupun jenis atau paket bingkisan yang bisa didapatkan dari adopsi.

Pada beberapa organisasi, nantinya kita akan mendapatkan sertifikat setelah selesai melakukan 'adopsi' koala atau hewan lainnya. Sedangkan kalau kita menyumbang melalui organisasi WWF, maka ada berbagai benda yang bisa didapatkan, seperti boneka koala, sertifikat, dan majalah.

Baca Lainnya : Kabut Asap Beracun Selimuti Australia Bagian Timur

Nah, ketika kita mengadopsi hewan-hewan yang terdampak kebakaran hutan Australia, maka ada sejumlah uang yang disumbangkan. Dana yang kita sumbangkan melalui program 'adopsi' koala ini tentunya akan digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan koala dan hewan-hewan lainnya yang ada di Australia. Contohnya adalah penanaman kembali pohon yang menjadi habitat koala di alam liar. Selain itu, sumbangan yang kita berikan juga tentunya akan digunakan untuk biaya perawatan koala yang sakit, terluka, dan terpisah dari induknya.

Dana ini juga nantinya akan digunakan untuk membantu pemerintah Australia untuk menghentikan kebakaran hutan yang terjadi dan membantu melindungi alam liar untuk jangka waktu yang panjang. Kalau Trubus Mania berminat melakukan 'adopsi' pada koala dan hewan lainnya yang terkena dampak kebakaran hutan Australia, maka bisa mengakses beberapa situs resmi organisasi seperti WWF.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: