Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, Hujan Abu Terasa di Cepogo

TrubusNews
Syahroni
04 Jan 2020   23:05 WIB

Komentar
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, Hujan Abu Terasa di Cepogo

Gunung Merapi kembali luncurkan awan panas guguran, Sabtu (4/1) malam. (Foto : CNN)

Trubus.id -- Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Sabtu (4/1) malam, gunung yang ditetapkan berstatus waspada sejak Mei 2018 lalu itu kembali mengeluarkan awan panas guguran.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran terjadi pada pukul 20.36 WIB.

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 55 mm dan durasi lebih kurang 105 detik," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/1).

Hanik melanjutkan, awanpanas guguran ini tidak terpantau secara visual karena suasana di Gunung Merapi sedang berkabut. Namun, berdasarkan durasi tersebut, diperkirakan jarak luncur awan panas sekitar 1 kilometer.

Awan panas guguran Gunung Merapi malam ini menimbulkan hujan abu tipis di sekitar Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. BPPTKG mengimbau masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik tersebut.

"Awan panas ini dilaporkan menimbulkan hujan abu tipis di sekitar Cepogo, Boyolali. Untuk masyarakat kami imbau agar mengantisipasi ganguan akibat abu vulkanik," kata Hanik. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: