Kepala BNPB dan Menko PMK Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor Lebak dan Bogor

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Jan 2020   18:54 WIB

Komentar
Kepala BNPB dan Menko PMK Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor Lebak dan Bogor

Kepala BNPB Doni Monardi dan Menko PMK Muhajir Effendi meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor sekaligus menyerahkan DSP ke Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten pada Sabtu (4/1). (Foto : Biro Humas BNPB)

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bersama Menteri Koodordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten pada Sabtu (4/1).

Pada kunjungan tersebut Doni Monardo menyerahkan bantuan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp350 juta kepada Korem 064/Maulana Yusuf yang digunakan untuk penanganan darurat. Penyerahan DSP disaksikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Danrem setempat. Selain itu, pemda setempat mendapat bantuan dana dari kemenko PMK sejumlah Rp500 juta dan Kemensos Rp611 juta.

Setelah melihat lokasi terdampak, Doni menyapa para penyintas yang masih bertahan di pos kesehatan yang terletak di Desa Banjar Irigasi, Lebak Gedong. Di sela-sela kunjungan, Doni menyampaikan apresiasi kepada petugas, TNI, Polri, Basarnas dan unsur Pemerintah Kabupaten Lebak yang telah melakukan upaya penanganan darurat.

"Sejak hari pertama mereka telah turun ke lapangan, memberikan bantuan pertama, pertolongan pertama kepada masyarakat terdampak," kata Doni di Lebak Gedong, Sabtu (4/1).

Banjir bandang dan longsor yang tepatnya melanda Kampung Cigobang, Kecamatan Lebak Gedong ini mengakibatkan lima orang meninggal dunia. Bencana tersebut terjadi pada Jumat (3/2), pukul 16.30 WIB. Selain hujan intensitas tinggi, salah satu penyebab longsor adanya galian tambang milik Aneka Tambang yang tidak dikembalikan fungsinya.

Usai meninggalkan Lebak Banten dan transit di Lanud Atang Sanjaya, Bogor, sekitar pukul 14.30 WIB menggunakan helikopter Bell 412, Kepala BNPB bersama Menko PMK tiba di Lokasi terdampaknya banjir dan longsor di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor (4/1).

Didampingi Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, bersama Menko PMK Muhadjir Effendi, Dirjen Kemensos Harry Hikmat, Deputi PMK Dody Hargo, Sestama BNPB Harmensyah dan Plt. Deputi bidang Penanganan Darurat Dody Ruswandi menuju lokasi terdampak banjir dan longsor (4/1).

Pada kunjungan tersebut BNPB memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp. 500 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Menko PMK kepada Wakil Bupati Bogor.

Menko PMK menyoroti kesehatan pengungsi, kebutuhan makan sehari-hari, dan tempat penampungan yang layak. Diharapkan semua kementerian/Lembaga dapat turun serta membantu korban bencana.

“Tempat ini sasaran kedua hari ini setelah Kami mengunjungi Lebak Banten. Kerusakannya cukup berat dan semoga cepat bisa diatasi,” pungkas Muhadjir.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: