BPPT Siap Reduksi Curah Hujan Atasi Banjir Jabodetabek

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Jan 2020   10:46 WIB

Komentar
BPPT Siap Reduksi Curah Hujan Atasi Banjir Jabodetabek

Banjir kepung Jabodetabek (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan memulai operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hari ini, Jumat (3/1/20). Operasi TMC ini dilakukan untuk mereduksi curah hujan dan mengatasi banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Teknologi Modifikasi Cuaca untuk kasus kali ini merupakan redistribusi curah hujan di wilayah ibu kota dan sekitarnya,” demikian dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza.

Operasi Teknologi Mpdifikasi cuaca ini akan dilakukan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta TNI Angkatan Udara yang akan menyediakan pesawat untuk melakukan operasi TMC tersebut.

Baca Lainnya : Banjir Jabodetabek, BNPB: Korban Meninggal Capai 30 Orang

"Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memerintahkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI untuk segera memulai," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Agus Wibowo dalam siaran persnya, Kamis (2/1/20) malam.

Agus melanjutkan, operasi rencananya akan dilakukan dalam 4 sortie penerbangan. Sebanyak 2 sortie dimulai pagi hari, pukul 09.00 WIB dan 2 sortie pada siang hari.

Untuk langkah awal, BPPT sudah melakukan analisis pertumbuhan awan penyebab hujan di Jabodetabek. “Awan-awan tersebut berasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek yaitu Selat Sunda, Lampung, dan sekitarnya,” ungkap Pakar Meteorologi Tropis BPPT Tri Handoko Seto

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan, baik pesawat, bahan semai maupun peralatan lainnya. Pesawat yang digunakan ada tiga, yaitu satu unit Casa, satu unit CN-295, dan satu pesawat opsional berupa unit Hercules.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

3 Warga Prancis Terjangkit Virus Corona

Peristiwa   25 Jan 2020 - 12:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: