Kepala BMKG Ajak Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Berulang Hingga Pertengahan Februari 2020

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Jan 2020   13:00 WIB

Komentar
Kepala BMKG Ajak Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Berulang Hingga Pertengahan Februari 2020

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan pengumuman terkait perkembangan prediksi cuaca terbaru dalam dua pekan kedepan yang patut diwaspadai pada saat Rapat Koordinasi Banjir Jabodetabek di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/1/20).

Dirinya mengatakan, aliran udara basah dari Timur Afrika diperkirakan menuju wilayah Indonesia dan dapat mengakibatkan potensi hujan ekstrem pada 10 - 15 Januari mendatang. Selanjutnya, pergerakan aliran udara basah juga masih akan berlanjut pada Januari akhir hingga pertengahan Februari 2020.

"Aliran udara basah masuk ke Indonesia diperkirakan pada tanggal 10 - 15 Februari 2020 dan siklus berulang pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020,” kata Dwikorita di Jakarta, Kamis (2/1/20).

Baca Lainnya : BPPT Siap Lakukan Modifikasi Cuaca Tanggulangi Potensi Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem tersebut meliputi Sumatera bagian tengah, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan hingga tenggara.

“Oleh karena itu, kami meminta masyarakat untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi,” pungkas Agus.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan: