Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Minahasa, BMKG: Tidak Ada Potensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti
31 Des 2019   13:00 WIB

Komentar
Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Minahasa, BMKG: Tidak Ada Potensi Tsunami

Ilustrasi - gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 (M5,0) megguncang Minahasa, Sulawesi Tengah Selasa (31/12/19) sekitar pukul 12:18:27 WIB.

Melalui laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lokasi gepa berada di 1.07 Lintang Utara (LU) dan 120.94 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan peta guncangan gempa BMKG, intensitas guncangan di pusat gempa mencapai IV mmi (guncangan ringan), diperkirakan tidak terjadi kerusakan yang berarti.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdasarkan hasil pantauan dari Pusat Pengedalian Operasi (Pusdalops) BNPB ke BPBD Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah disampaikan bahwa gempa dirasakan lemah selama 1 sampai 2 detik di Toli-Toli, tidak di rasakan di Buol, dan belum ada laporan kerusakan yang terjadi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak terpancing berita hoaks, ikuti informasi dari BMKG, BPBD dan BNPB.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Syahrul Dorong Swasta Jadi Inisiator Urban Farming

Peristiwa   19 Okt 2020 - 09:34 WIB
Bagikan: