Pemulung Selamatkan 3 Bayi Orangutan yang Dibuang dalam Kardus

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Des 2019   12:00 WIB

Komentar
Pemulung Selamatkan 3 Bayi Orangutan yang  Dibuang dalam Kardus

Dua dari Tiga Anak Orangutan yang ditemukan dalam kardus di Jembatan 2, Sungai Sibam, Kota Pekanbaru. (Foto : BBKSDA Riau)

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Lama (BBKSDA) Riau, mengevakuasi 3 ekor anak Orangutan (Pongo sp) yang ditemukan masyarakat di Jembatan 2, Sungai Sibam, Kota Pekanbaru. Ketiga orangutan tersebut ditemukan pemulung secara tidak sengaja.

Menurut penuturan salah seorang warga bernama Santoso, ada seorang pemulung yang menemukan kardus bertuliskan "IPAN PEKANBARU" di lokasi jembatan Sungai Sibam saat mengais barang barang bekas. Setelah dicek ternyata berisi 3 (tiga) ekor Orangutan.

Baca Lainnya : Sudah 52 Korporasi Pemegang izin Konsesi Disegel Terkait Karhutla, Luas Lahan Capai 8.931 Hektar

Pemulung menghubungi aparat setempat  yang langsung meneruskan ke Balai Besar KSDA Riau.

Saat ditemukan, lanjut Santoso, matanya memelas menunjukkan kecemasan, ketakutan dan kebingungan. Mereka dalam kondisi stres, dehidrasi, cacingan dan kurang asupan susu dari induknya. 

Mereka saling berpelukan satu sama lain seolah mencari perlindungan.

Sebelum kardus diketemukan oleh pemulung, terlihat oleh warga ada mobil (belum diketahui jenis dan nomor kendaraan) yang berhenti dekat jembatan Sungai Sibam dan menurunkan kardus tersebut.

Baca Lainnya : Terus Bertambah, Polri Tetapkan 5 Korporasi dan 218 Tersangka Karhutla

Warga yang melihatnya berteriak kepada orang yang menurunkan kardus, namun orang tersebut bergegas masuk mobil dan kembali melaju meninggalkan kardusnya.

BBKSDA Riau mejelaskan bahwa anak Orangutan tersebut rencananya akan dibawa ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Sibolangit, Sumatera Utara.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: