BNPB Bantu Pemulihan Ekonomi Sosial Pascabencana di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Des 2019   12:00 WIB

Komentar
BNPB Bantu Pemulihan Ekonomi Sosial Pascabencana di Indonesia

Sekretaris Utama BNPB Hermansyah pada kegiatan Seminar Nasional BNPB yang mengusung tema 'Reformasi Kebijakan dan Strategi Pemulihan Sosial Ekonomi Pasca Bencana pada Era Revolusi Industri 4.0' di Jakarta, Rabu (11/12/19). (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) memberi dukungan pendampingan pada masyarakat yang terdampak bencana. Tidak hanya membantu saat bencana, BNPB juga ikut berperan dalam mendampingi korban untuk pemulihan perekonomian pascabencana. Terlebih, bencana di Indonesia terjadi secara silih berganti.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Hermansyah mengungkapkan bahwa BNPB berkomitmen melakukan pemulihan pascabencana tak hanya sebatas membangun rumah dan insfrastruktur saja tapi juga membantu merabilitasi dan merekonstruksi ekonomi sosial masyarakat usai dilanda bencana.

"Selama ini kita berpikirnya lebih banyak bagaimana kita membangun rumah kembali, tetapi tidak mungkin hanya sebatas itu saja. Selama ini kita lihat, masyarakat yang terdampak bencana mengakibatkan penurunan ekonomi atau bahkan kehilangan mata pencahariannya. Dalam arti yang miskin tambah miskin, yang kaya jadi miskin. Sehingga kita perlu memulai untuk memikirkan bagaimana kita mengintegrasikan semua seperti permukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial dan budaya," ucap Hermansyah ketika menghadiri Seminar Nasional BNPB yang mengusung tema 'Reformasi Kebijakan dan Strategi Pemulihan Sosial Ekonomi Pasca Bencana pada Era Revolusi Industri 4.0' di Jakarta, Rabu (11/12/19).

Lebih lanjut Hermansyah mengungkapkan, BNPB juga akan melakukan pendampingan dan pelatihan salah satunya dengan memberikan pelatihan budidaya tanaman, pengolahan pascapanen hingga manajemen usaha, sehingga perekonomian masyarakat terdampak bencana kembali pulih.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: