Gunung Api di White Island Selandia Baru Meletus, Diduga Banyak Turis Terjebak

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 Des 2019   11:40 WIB

Komentar
Gunung Api di White Island Selandia Baru Meletus, Diduga Banyak Turis Terjebak

Gunung api di White Island Selandia Baru meletus, Senin (9/12/19) (Foto : AFP/TORSTEN BLACKWOOD)

Trubus.id -- Gunung api di White Island Selandia Baru, secara tiba-tiba meletus, Senin (9/12). Dilaporkan banyak wisatawan di sekitar kawah gunung White Island saat kejadian. Sehingga dikhawatirkan letusan tersebut mengakibatkan banyak wisatawan terjebak.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan, ada sekitar 100 turis di sekitar gunung berapi White Island saat letusan terjadi.

Gunung White Island merupakan salah satu objek wisata populer di wilayah Selandia Baru dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya.

Dalam keterangan resmi Badan Nasional Manajemen Bencana Selandia Baru mengungkapkan bahwa letusan gunung api di White Island membuat keadaan disekitar gunung berbahaya.

"Ini adalah situasi yang sangat berkembang dan tentu saja semua perhatian kita bersama mereka yang terdampak," kata Ardern, di Wellington, dikutip dari AFP, Senin (9/12).

Sebelumnya Ardern memberikan keterangan, Badan Manajemen Darurat Nasional menyatakan, gunung di White Island mengalami erupsi dan daerah di sekitar gunung dinyatakan berbahaya.

Sementara itu, sebelum gunung meletus, rekaman CCTV di lokasi kejadian memperlihatkan sekelompok turis tengah berjalan tak jauh dari kawah. Tiba-tiba kamera menjadi gelap. Sesudahnya gunung berapi di White Island dilaporkan meletus.

Sementara, Kekhawatiran juga diungkapkan Wali Kota Whakatane Judy Turner. Dirinya mengaku khawatir ada yang terluka akibat letusan tersebut.

"Saya memiliki pengetahuan terbatas saat ini. Selain ada erupsi, ada beberapa orang berada di pulau itu saat letusan, beberapa mengalami luka," ungkap Turner, kepada stasiun Radio NZ.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: