Antisipasi Banjir Bandang Susulan, 1026 Warga Segera Direlokasi dari Desa Poi di Sulteng

TrubusNews
Binsar Marulitua
09 Des 2019   12:30 WIB

Komentar
Antisipasi Banjir Bandang Susulan,  1026 Warga Segera Direlokasi dari Desa Poi di Sulteng

Warga membersihkan rumah yang tertimpa pohon akibat banjir bandang di wilayah Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Minggu, 8 Desember 2019 Pukul 02.30 Wita. (Foto : BNPB)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengonfirmasi sekitar 281 Kepala Keluarga atau 1.026 jiwa akan direlokasi untuk mengantisipasi curah hujan yg semakin tinggi di wilayah Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Bencana alam banjir bandang akibat hujan deras melanda Dusun II, Dusun III pada Minggu, 8 Desember 2019 Pukul 02.30 Wita. 

"Data Sementara dusun II 3 (tiga) Unit Rumah , Dusun III 8 (delapan) Unit Rumah yang terendam material lumpur," jelas Agus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (12/9/2019). 

Agus menjelaskan menurut BPBD Kabupaten Sigi Pukul 02.30 Wita  Minggu 8 Desember 2019 Di Desa Poi terjadi hujan dgn insensitas yang cukup tinggi di wilayah Kec. Dolo Selatan, Kab. Sigi.

Pukul 06.00 Wita Warga Desa Poi mendengar suara gemuruh yang cukup keras, dan melihat air sungai tinombu dengan membawa material lumpur, kayu, serta bebatuan sudah menutupi aliran sungai dibawah jembatan, yang berbatasan langsung dengan Dusun II dan Dusun III Desa Poi.

Sehingai air sungai tinombu merendam di kedua dusun, yang membuat warga panik dan segera mencari tempat yang lebih aman.

Setelah banjir bandang reda dan keadaan dinilai berangsur pulih,  Warga Dusun II dan Dusun III Desa Poi, Secara bergotong royong membersihkan material pasir dan kayu yang menghalangi badan jembatan.

Pukul 08.30 Wita 1 Unit Exavator milik PU Kab. Sigi tiba di Desa. Poi dan langsung membersihkan material lumpur, kayu serta batu yang menutupi di bawah badan jembatan sungai tinombu.

"Pengungsi sementara berjumlah 13 KK / 39 Jiwa," jelasnya. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: