Mulai Tahun 2020, Uni Eropa Larang Penggunaan Pestisida Mengandung Chlorpyrifos

TrubusNews
Syahroni
08 Des 2019   13:30 WIB

Komentar
Mulai Tahun 2020, Uni Eropa Larang Penggunaan Pestisida Mengandung Chlorpyrifos

Uni Eropa resmi keluarkan larangan penggunaan pestisida kontroversial yang mengandung chlorpyrifos. (Foto : Doc/ AFP)

Trubus.id -- Pestisida kontroversial yang dikaitkan dengan masalah perkembangan pada manusia akan secara definitif dilarang di UE pada tahun 2020 setelah pemungutan suara pada hari Jumat oleh negara-negara anggota, terang Komisi Eropa dilansir dari AFP.

Komisi, regulator Uni Eropa yang kuat, telah mengusulkan untuk tidak memperbaharui agen kimia setelah penilaian oleh Badan Keamanan Pangan Eropa (EFSA) yang telah mengkonfirmasi "risiko terhadap kesehatan manusia".

Baca Lainnya : Paris dan Empat Kota Perancis Lainnya Mulai Larang Penggunaan Pestisida

Baca Lainnya : Kimia Pestisida Berbahaya Masih Ditemukan di Saluran Irigasi Selandia Baru

Delapan negara Uni Eropa telah melarang produk yang mengandung chlorpyrifos, yang biasa digunakan dalam pertanian. Negara bagian California di AS juga melarang mereka pada bulan Agustus. Hampir semua penggunaan pestisida di tempat tinggal telah dilarang sejak akhir tahun 2001 di seluruh Amerika Serikat.

Untuk dipasarkan di UE, zat kimia harus disetujui oleh komite ahli yang terdiri dari 28 negara anggota blok dan dipimpin oleh Komisi. Masing-masing negara kemudian dapat memutuskan apakah akan menyetujui atau tidak produk yang mengandung zat tersebut. Perusahaan akan tiga bulan untuk menghilangkan stok produk ini. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: