BMKG: Sesar Aktif Segmen Seulimeum Picu Gempa Bermagnitudo 5,5 di Aceh Besar

TrubusNews
Astri Sofyanti
06 Des 2019   10:30 WIB

Komentar
BMKG: Sesar Aktif Segmen Seulimeum Picu Gempa Bermagnitudo 5,5 di Aceh Besar

Ilustrasi - gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Gempa tektonik bermagnitudo 5,5 (M 5,5) dan dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,0 yang terjadi di Kabupaten Aceh Besar, Kamis (5/12) sore, dipicu oleh sesar aktif Segmen Seulimeum.

Episenter terletak pada koordinat 5,21 Lintang Utara (LU) dan 95,79 Bujur Tiur (BT) tepatnya di darat pada jarak 22 kilometer arah tenggara Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG Daryono mengungkapkan, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum.

Baca Lainnya : Peneliti LIPI Anjurkan Pemindahan Sarang Tawon Vespa Affinis Pada Malam Hari

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme sesar mendatar/geser (strike-slip fault). Dampak gempa dirasakan di daerah Sukamakmur Aceh Besar, Pidie, Peukan Banda Aceh, Aceh Jaya, Mata Ie dalam skala intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan oleh semua orang seakan akan ada truk berlalu,” kata Daryono lewan postingan di akun Instagram yang dikutip Trubus.id, Jumat (6/12).

Daryono mengungkapkan, hasil monitoring BMKG juga belum tampak ada aktivitas gempa susulan (aftershock). Gempa Aceh Besar ini sangat menarik dikaji, karena terjadi di zona Sesar Segmen Seulimeum yang sudah sekian lama tidak terjadi gempa. Catatan terakhir bahwa di zona ini pernah terjadi gempa pada tahun 1964 berkekuatan M=6,5 dan pada tahun 1967 berkekuatan M=6,8.

“Segmen Sesar Seulimeum ini memiliki magnitudo tertarget mencapai M=6,9 dengan laju pergeseran sesar 7,0 mm per tahun. Sesar aktif ini patut untuk diwaspadai,” tutup Daryono.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

7 Provinsi dan 41 Pemkab Tetapkan Siaga Darurat Covid-19

Peristiwa   01 April 2020 - 08:41 WIB
Bagikan:          
Bagikan: