Makin Meriah, Festival Relawan 2019 Bakal Dihadiri Ribuan Peserta

TrubusNews
Thomas Aquinus
05 Des 2019   19:30 WIB

Komentar
Makin Meriah, Festival Relawan 2019 Bakal Dihadiri Ribuan Peserta

Konferensi pers Festival Relawan 2019. (Foto : Trubus.id/TH A Krisnaldi G)

Trubus.id -- Peranan seorang relawan di Indonesia tiap tahunnya terus bertambah seiring dengan tumbuhnya komunitas yang bergerak di bidang sosial. Melihat semangat kerelawanan yang terus meningkat tiap tahunnya, Indorelawan sebagai wadah online yang menghubungkan organisasi atau komunitas dengan relawan menggelar Festival Relawan 2019 yang diperkirakan akan dihadiri ribuan peserta. 

Tingginya semangat kerelawanan di Indonesia bahkan diakui berdasarkan laporan The Legatum Prosperity Index 2019 yang mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat relawan tertinggi di dunia. 

Marsya Nurmaranti, Executive Director Indorelawan mengatakan, sejak berdiri tahun 2014, Indorelawan sendiri telah menjaring 120 ribu relawan dengan lebih dari 2.200 organisasi sosial yang terdaftar dari seluruh Indonesia. 

“Menariknya lagi, data dari 120 ribu relawan, ternyata 67,8 persennya adalah perempuan, 88,6 persen itu berada di usia 18 hingga 30 tahun dan 67 persen masih di bangku universitas”, ujarnya saat konferensi pers Festival Relawan di Volunter Hub, Jakarta, Kamis (5/12). 

Baca Lainnya : Filantropi Mempunyai Peran Penting dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Indonesia

Berkaitan dengan Festival Relawan 2019, Marsya mengungkapkan, banyak tanggal penting yang terjadi di bulan Desember, seperti hari relawan internasional, hari AIDS, hari hak asasi manusia, dan pada tanggal 26 memperingati tsunami Aceh. 

Menurutnya, bencana tsunami yang terjadi di Aceh memberikan dampak besar terhadap semangat kerelawanan di Indonesia. Untuk itulah Indorelawan melalui tim aksi baik mulai mengkampanyekan bulan Desember sebagai bulan relawan nasional untuk memberikan kesempatan menjadi relawan dengan mudah. 

Marsya Nurmaranti, Executive Director Indorelawan (Foto: TH A Krisnaldi/Trubus.id)

“Kita merangkumnya dalam kegiatan satu bulan dan ajakan (acara puncaknya) di Festival Relawan sebagai menutup bulan relawan nasional” ujar Marsya.

Menginjak tahun ke-4, Festival Relawan 2019 yang mengusung tema “Bergerak Bersama, Bedampak Besar” mempunyai makna yang ingin disampaikan bahwa acara tersebut merupakan hasil kolaborasi dari banyak pihak. Tidak hanya dengan sesama komunitas sosial melainkan juga lintas sektor dengan perusahaan swasta.

Baca Lainnya : Kaum Milenial Ubah Kegiatan Filantropi Sebagai Gaya Hidup Baru

“Kita ingin menujukkan sebenarnya kita bisa loh, kolaborasi lintas sektor, jadi tidak hanya teman-teman di komunitas saja tapi semua pihak sangat bisa kolaborasi dan dibuktikan di Festival Relawan ini”, jelasnya. 

Adapun tujuan dari Festival Relawan 2019 salah satunya adalah mengangkat semangat potensi anak muda untuk menjadi pemimpin negeri yang mempunyai kepekaan sosial di lingkungan sekitarnya.

“Tahun ini, kami ingin mengajak lebih banyak orang berinteraksi dan saling mengenal, memahami permasalahan sosial yang ada dan bergerak bersama memberikan solusinya dengan “#JadiRelawan, tidak sendiri, tapi bersama-sama”, kata Marsya.

Ahmad Fathul Aziz, Engagment Officer Campaign.com yang menjadi insiator Festival Relawan dengan Indorelawan sejak tahun 2016 juga menyampaikan,  setiap pengunjung yang hadir di Festival Relawan bisa menjadi relawan dengan mendaftar langsung di booth komunitas sesuai dengan passionnya masing-masing.

Baca Lainnya : Kita Hebat Hadir Menjawab Permasalahan Sosial di Kota Medan Melalui Gerakkan Pemberdayaan

“Harapannya dengan adanya festival ini semakin banyak masyarakat yang peduli lingkungan untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik”, kata Aziz.

Festival Relawan 2019 yang diselenggarakan di ballroom Kuningan City, Minggu 14 Desember dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan semangat kolaborasi seperti seperti kelas-kelas bulan relawan yang berlangsung selama satu bulan. Selain itu salah satu yang menjadi daya tariknya adalah acara akan diisi juga dengan 8 panel diskusi, booth komunitas dan 6 dropbox donasi barang dan Pasar Toleransi untuk mendorong semangat toleransi di Indonesia. 

Adapun panel diskusi akan diisi dengan pembicara ternama seperti Morgan Oey, Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti, Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Billy Mambrasar, Cania Irlanie dan masih banyak lainnya. 

“Sekitar 80 sampai 100 organisasi akan berpatisipasi, ada membawa nama pribadi ada juga yang membawa nama komunitas. Kebersamaan komunitas ini yang kita angkat”, pungkas Marsya. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: