Mengenal Tawon Vespa Affinis yang Mengakibatkan Puluhan Warga Meninggal di Jawa Tengah

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Des 2019   15:30 WIB

Komentar
Mengenal Tawon Vespa Affinis yang Mengakibatkan Puluhan Warga Meninggal di Jawa Tengah

Sarang tawon Vespa Affinis (Foto : Humas Pusat Penelitian Biologi LIPI)

Trubus.id -- Serangan tawon Vespa Affinis atau biasa disebut tawon ndas yang terjadi disejumlah wilayah di Jawa Tengah seperti di Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Demak, Semarang, Pemalang, Tegal, dan Kudus dan mengakibatkan 10 warga meninggal dunia masih menjadi topik yang hangat, sehingga menjadi perhatian besar dan perlu diwaspadai masyarakat.

Peneliti tawon dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hari Nugroho mengungkapkan bahwa kasus kematian yang diakibatkan serangan tawon vespa bukan hanya terjadi belakangan ini saja, tapi sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

“Tawon Vespa Affinis ini masuk ke dalam keluarga Vespidae. Tawon Vespa Affinis memiliki karakteristik Social Wasps atau hidup dalam koloni. Sarangnya terbuat dari material tumbuhan dan juga lumpur. Tawon vespa ini memiliki karakteristik sarang yang besar bisa lebih dari 60 cm dan memiliki struktur sarang yang sangat kuat. Tawon Vespa Affinis ini juga memelihara anak,” demikian dikatakan Hari ketika dijumpai di Pusat Penelitian Biologi LIPI Cibinong, Jawa Barat, Kamis (5/12).

Baca Lainnya : Peneliti LIPI Anjurkan Pemindahan Sarang Tawon Vespa Affinis Pada Malam Hari

Jika melihat klasifikasi ilmiahnya, Hari menjelaskan bahwa tawon Vespa Affinis ini umumnya dijumpai disemua habitat, baik di hutan, padang rumput, kawasan hutan mangrove, lahan pertanian, hingga ke kawasan pemukiman penduduk. Tawon ini adalah pemangsa (predator), yang memangsa larva Lepidoptera (kupu-kupu) dan Coleoptera (ulat), atau dengan kata lain Hari mengungkapkan bahwa tawon ini adalah pengendali hama.

Panjang tubuh tawon Vespa affinis berkisar 22 hingga 25 milimeter untuk pekerja, 30 milimeter untuk ratu dan 26 milimeter untuk pejantan. Tawon jenis ini memiliki tiga segmen perut berwarna merah kecoklatan-kuning-hitam. Tawon Vespa Affinis memiliki sifat hidup yang aktif sepanjang siang hari (diurnal). Tawon jenis ini biasanya akan meninggalkan sarang pada pagi hari untuk mencari makanan.

“Tapi yang perlu diwaspadai adalah, tawon ini akan bersifat agresif jika merasa terganggu. Misalnya suara getaran yang berasal dari aktivitas manusia, hewan atau bahkan hembusan angin dianggapnya sebagai ancaman. Jadi sebaiknya hindari melakukan aktivitas apapun di sekitar sarang tawon,” jelasnya.

Agresif Terhadap Manusia

Vespa Affinis betina memiliki zat feronom pada tubuhnya yang berfungsi sebagai peringatan bahaya, peringatan ini membuat seluruh koloni tawon akan ikut menyerang. Diantara jenis tawon yang lain, diakui Hari, tawon Vespa Affinis ini yang mempunyai sifat paling agresif terhadap manusia dibandingkan dengan jenis tawon lainnya. Perlu diketahui bahwa hanya tawon betina yang memiliki organ penyengat (sting organ), sementara si pejantan tidak memilikinya.

Baca Lainnya : Sebabkan 10 Orang Meninggal, LIPI Ajak Masyarakat Kenali dan Waspadai Serangan Tawon Vespa

Racun akibat sengatan tawon ini mengandung beberapa senyawa kimia, seperti asetilkolin, histamin, serotonin, fosfolipase A, hyaluronidase, katekolamin, peptida pelepas histamin (mastoparan), peptida kemotaksis, dan kinot neurotoksik.

Sebaran Spesies

Habitat Vespa affinis tersebar luas di kawasan tropis dan subtropis Asia, mulai dari Sri Lanka, Hong Kong, Laos, Thailand, Malaysia, hingga Indonesia. Pada umumnya, tawon ini membuat sarang di atas bangunan tinggi, di bawah atap, atau di alam liar seperti pohon, semak-semak, dan permukaan batu.

Pencegahan

Jika menemukan sarang tawon Vespa Affinis di pemukiman penduduk, sebaiknya melaporkan ke petugas pemadam kebakaran jika sarang berukuran besar. Sementara jika sarang masih berukuran kecil, masyarakat dianjurkan untuk menyemprotkan insektisida ke bagian sarang.

Untuk mencegah sarang di area sekitar rumah, Hari menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah baik terutama dari tumpukan sampah yang bisa mengundang datangnya tawon. Pasalnya tumpukan sampah merupakan salah satu makanan bagi tawon Vespa Affinis.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: