Gempa Bermagnitudo 6,4 Guncang Albania, Puluhan Warga Luka-Luka

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Nov 2019   16:30 WIB

Komentar
Gempa Bermagnitudo 6,4 Guncang Albania, Puluhan Warga Luka-Luka

Banyak bangunan runtuh di Albania usai diguncang gempa bermagnitudo 6,4, Selasa (26/11) (Foto : theguardian)

Trubus.id -- Gempa bumi bermagnitudo 6,4 (M 6,4) mengguncang Albania, Selasa (26/11) dini hari waktu setempat. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) menyatakan, titik pusat gempa berada di darat sekitar 32 kilometer dari Tirana. Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat USGS dengan kedalaman 20 kilometer. Kuatnya guncangan gempa juga dirasakan di negara-negara timur Eropa yang jaraknya ratusan kilometer dari titik pusat gempa.

Kuatnya guncangan gempa mengakibatkan banyak bangunan, gedung hingga rumah warga setempat runtuh. Akibat peristiwa tersebut, puluhan warga menderita luka-luka akibat terkena reruntuhan bangunan.

"Ada kerusakan yang besar," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Albana Qajahaj, dikutip dari AFP, Selasa (26/11).

Sementara itu, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, berdasarkan analisis komputer, sekitar 8.000 warga merasakan guncangan yang parah akibat gempa M6,4 ini dan total hampir 12 juta orang merasakannya meski dalam kadar guncangan relatif jauh lebih kecil. Mereka yang merasakan tersebar di Yunani, Montenegro, Kosovo, dan Makedonia Utara.

Sebuh tayangan stasiun televisi lokal menayangkan proses evakuasi yang memperlihatkan seorang anak dievakuasi dari puing-puing bangunan yang runtuh. Selain itu, banyak video dibagikan di media sosial yang menunjukkan banyak bangunan rusak parah karena sebagian besar runtuh.

Pemerintah menyatakan, kota pantai Durres merupakan wilayah terparah yang terdampak gempa. Sementara di Tirana sejauh ini ada 50 orang yang dilarikan ke rumah sakit.

Pada September lalu, gempa magnitudo 5,6 di lokasi tak jauh berbeda dengan yang terbaru ini melukai setidaknya 70 orang dan merusak sekitar 500 bangunan. Namun para ahli menilai gempa yang terjadi hari ini memiliki kekuatan 16 kali lipat dibandingkan gempa sebelumnya.

Dilaporkan gempa susulan berkekuatan magnitude 5,4 mengguncang daerah itu beberapa menit kemudian dan gempa kecil masih terus menerus terjadi pada pagi hari.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: