BNPB Sebut 18.809 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Solok Selatan

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Nov 2019   18:00 WIB

Komentar
BNPB Sebut 18.809 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Solok Selatan

Banjir mengakibatkan jembatan terputis di Kabupaten Solok Selatan (Foto : Istimewa/Facebook)

Trubus.id -- Empat kecamatan yang berada di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir pada 20 November 2019. Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mencatat 1.706 Kepala Keluarga atau 8.809 Jiwa terdampak banjir, sementara sebanyak 340 warga mengungsi.

Sebanyak 1.914 unit rumah terendam banjir, dengan rincian kerusakan, 2 unit rumah rusak berat, 5 unit rumah rusak sedang dan 3 unit rumah rusak ringan, 2 unit kantor, 7 Unit sekolah, 5 Unit masjid, 5 Unit jembatan rusak, 2 Unit irigasi. Banjir juga mengakibatkan 29 hektare lahan sawah milik warga terendam.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menetapkan status Tanggap Darurat Bencana banjir di Kabupaten Solok Selatan ditetapkan sejak 22 November sampai 5 Desember 2019.

“Sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan terus berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk melakukan evakuasi serta pendataan,” kata Agus di Jakarta, Senin (25/11).

Pembersihan rumah yang terkena banjir dilakukan oleh TRC BPBD Kabupaten Solok Selatan yang dibantu oleh Inas Sosial (TAGANA), TNI, Polri dan juga masyarakat sekitar yang terdampak bajir. Pembersihan rumah dari material banjir dikatakan Agus dilakukan menggunakan alat wheeloder.

Agus menyebut, BPBD Kabupaten Solok Selatan telah memberikan bantuan logistik untuk korban bencana banjir berupa makanan siap saji sekitar 4.000 bungkus untuk warga terdampak hingga obat-obatan.

“BNPB telah menyerahkan DSP untuk Penanganan Darurat Bencana Banjir di Kabupaten Solok Selatan sebesar Rp250 juta,” pungkas Agus.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: