BNPB Buka Kursus Online Keluarga Siaga Bencana, Simak Caranya

TrubusNews
Binsar Marulitua
25 Nov 2019   06:30 WIB

Komentar
BNPB Buka Kursus Online Keluarga Siaga Bencana, Simak Caranya

ilustrasi dampak bencana (Foto : BNPB)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuka penyelenggaraan kursus kepada masyarakat agar memahami langkah-langkah saat dihadapkan dengan bencana alam. Kursus Keluarga siaga bencana (KSB) berlangsung online ini didakan mulai 9 Desember 2019 sampai 12 Januari 2020. 

"BNPB memfasilitasi mereka, para orang tua, kaum remaja dan dewasa untuk belajar BNPB 101. Penyelenggaraan kursus online bertujuan untuk menjangkau publik secara luas dan cepat," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo di Jakarta, Minggu (24/11/2019). 

Agus menjelaskan, BNPB tidak memungut biaya apa pun bagi para peminat yang mengikuti kursus online yang berdurasi waktu 1 jam per minggu ini. Kursus ini mengangkat tema utama mengenai keluarga siaga bencana dengan berbgai materi  seperti; Pendahuluan tentang konsep, jenis dan karakteristik bencana; Memahami dan mengenali potensi ancaman bencana di sekitar; Menyusun rencana kesiapsiagaan keluarga untuk menghadapi bencana; Mitigasi praktis bencana gempabumi, banjir dan kebakaran .

Baca Lainnya : BNPB Latih Masyarakat Kepulauan Aru Mitigasi Gempa dan Tsunami Berpotensi Medium

"Keluarga siaga bencana atau KSB sangat bermanfaat untuk diketahui setiap individu karena merekalah yang terdekat dengan potensi ancaman bahaya. Mereka juga yang terlebih dahulu untuk merespon ancaman bahaya yang mungkin terjadi,"tambahnya. 

Agus juga menerangkan dari materi yang disebarluaskan tersebut setiap keluarga diharapkan mampu untuk menganalisis dan mendiskusikan di antara mereka. Misal saat terjadi gempa bumi, anggota keluarga memahami jalur evakuasi atau upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri maupun anggota keluarga lain.

Hal sederhana lain, misalnya setiap anggota mengetahui bagaimana harus mematikan aliran listrik atau mematikan kompor di rumah.

Baca Lainnya : BNPB Kaji Penurunan Tanah Capai 9 Meter di Nusalaut, Maluku

Menurut data bencana BNPB hingga bulan November 2019 ini, tercatat lebih dari 3.000 bencana terjadi dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur termasuk tempat tinggal. Jumlah korban jiwa akibat bencana bahkan mencapai angka lebih dari 400 jiwa dan kerusakan rumah dengan kategori rusak berat mencapai 14.957 unit.

Bagi individu yang berminat untuk mengikuti kursus ini harus terlebih dahulu masuk ke tautan https://www.indonesiax.co.id/courses/course-v1:

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: