Kebakaran Hutan dan Lahan Landa Gunung Ile Mandiri di Flores Timur

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Nov 2019   10:09 WIB

Komentar
Kebakaran Hutan dan Lahan Landa Gunung Ile Mandiri di Flores Timur

Ilustrasi - Kebakaran hutan dan lahan (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda kawasan Gunung Ile Mandiri yang berada di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Api berkobar dikawasan gunung tersebut dilaporkan sejak Kamis (21/11) malam. Kejadian tersebut dibenarkan oleh Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli.

Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Ile Mandiri ini terjadi yang kedua kalinya. Sebelumnya, peristiwa serupa juga pada September 2019 lalu di wilayah bagian paling timur Pulau Flores.

"Iya betul ada peristiwa karhutla terjadi pada Kamis (21/11) malam dan sampai Jumat pagi ini masih ada titik api," ucap Agustinus kepada Antara di Kupang, Jumat (22/11) mengutip Antaranews.

Proses pemadaman pun masih dilakukan hingga hari ini, Jumat dengan mengerahkan sejumlah personel seperti Tim Tagana Flores Timur, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur. selain itu, Agustinus juga meminta warga sekitar untuk membantu proses pemadaman api.

Agustinus menjelaskan bahwa titik api diduga muncul dari area menuju wilayah Watowiti di sekitar Kota Larantuka dan saat ini sudah merambat ke wilayah perbukitan di sekitar Lebao. Hingga saat ini penyebab kebakaran masih terus diselidiki.

“Penyebab kebakaran hutan ini masih kita selidiki, apakah ada oknum warga yang sengaja membakar semak belukar sehingga titik api sulit dikendalikan, masih kita telusuri,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: