Penenggelaman Dihentikan, Menteri Edhy Akan Bagikan Kapal Pencuri Ikan kepada Nelayan

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Nov 2019   12:30 WIB

Komentar
Penenggelaman Dihentikan, Menteri Edhy Akan Bagikan Kapal Pencuri Ikan kepada Nelayan

Satu Kapal Perikanan Asing (KIA) asal Filipina ditangkap karena melakukan kegiatan illegal fishing di perairan Sulawesi, Indonesia pada Sabtu (16/11/2019) (Foto : KKP)

Trubus.id -- Kebijakan penenggelaman Kapal Ikang Asing (KIA) dari berbagai negara yang tertangkap tanpa dokumen resmi di dalam kawasan perairan Indonesia akan segera dihentikan. Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berencana membuat kebijakan baru dengan membagikan kapal pencuri ikan kepada nelayan. 

"Saya tidak takut menenggelamkan kapal kapal, tapi tujuan akhirnya untuk apa? Tetapi saya mendukung apa yang baik dari kebijakan Menteri sebelumnya bahwa kedaulatan dan harga diri bangsa adalah nomor satu" kata Menteri Edhy usai mengikuti rapat koordinasi yang digelar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Sumber: https://setkab.go.id/pemerintah-berencana-hibahkan-kapal-pencuri-ikan-yang-inkrah-untuk-nelayan/

Menteri Edhy menjelaskan, kapal hasil tangkapan akan direparasi untuk diserahkan ke nelayan atau koperasi atau wilayah-wilayah yang paling banyak dicuri ikannya.

Baca Lainnya : KKP Tangkap Satu Kapal Pencuri Ikan Filipina di Perairan Sulawesi

Rencana tersebut sudah dikordinasikan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Kementerian Perhubungan. Dalam menentukan nelayan penerima kapal,  akan dilakukan beberapa pertimbangan agar kapal tidak dijual kembali.

"Kapal yang masih dalam kondisi bagus akan direparasi sebelum akhirnya dihibahkan kepada nelayan atau koperasi," tambahnya.

Menteri Edhy juga menjelaskan, untuk memastikan nelayan asing pencuri ikan jera, komunikasi dan koordinasi dengan TNI AL, Polairud dan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP akan ditingkatkan.

Baca Lainnya : Sambangi KKP, 15 Himpunan Nelayan Sampaikan Aspirasi kepada Menteri Edhy

Berdasarkan sumber data KKP, terhitung sejak Januari hingga saat ini, sebanyak 55 Kapal Ikan Asing (KIA) telah ditangkap. 55 KIA tersebut terdiri dari 20 kapal Malaysia, 19 kapal Vietnam, 15 kapal Filipina, dan 1 kapal Panama.


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: