Warga Kebalen Bekasi Diajak Mengolah Sampah Secara Terintegrasi 

TrubusNews
Syahroni
17 Nov 2019   12:00 WIB

Komentar
Warga Kebalen Bekasi Diajak Mengolah Sampah Secara Terintegrasi 

Sosialiasi pengolahan sampah secara terintegrasi pada masyarakat di Keluraha Kebalen, Kabupaten Bekasi. (Foto : Doc/ IPB University)

Trubus.id -- Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University kembali menginisiasi model pengelolaan sampah terintegrasi bagi masyarakat. Kali ini kegiatan ditujukan bagi masyarakat di Kelurahan Kebalen, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (10/11) lalu itu diikuti sedikitnya 30 peserta dari tokoh masyarakat setempat.

“Urusan sampah bukan semata tanggung jawab pemerintah atau truk pengangkut sampah. Produksi sampah di rumah tangga, perkantoran maupun sekolah tidak ada hentinya setiap hari. Artinya, masalah sampah seharusnya menjadi urusan bersama dimulai dari skala yang paling kecil yaitu rumah tangga,” ungkap Dr Dahri Tanjung MSi, Sekretaris CARE LPPM IPB University dalam siaran persnya.

Pada kesempatan ini, warga RW 04 Kelurahan Kebalen berkomitmen untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan sampah dengan pendampingan dari CARE LPPM IPB University. Nantinya, RW 04 ini akan menjadi pilot project dan sebagai model dalam pengelolaan sampah yang terintegrasi.

Hal ini mendorong CARE LPPM IPB University dan Forum Peduli Lingkungan Kebalen berupaya secara bersama-sama memecahkan persoalan sampah di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Langkah awal dipilih pilot project RW 04 Kelurahan Kebalen sebagai model kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Target dari pelatihan ini adalah mengurangi beban Tempat Pengumpulan Sampah Sementara (TPSS) melalui pengelolaan sampah rumah tangga. Pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga juga diikuti dengan kegiatan penataan kawasan TPSS dan pembangunan demplot-demplot pengolahan sampah.

“Bekasi merupakan salah satu penghasil sampah yang besar di Jabodetabek. CARE LPPM IPB University berupaya untuk melaksanakan program ini dengan cara mengedukasi warga untuk mengurangi sampah dari sumbernya, yaitu rumah tangga,” pungkas Wulan, peneliti CARE LPPM IPB University. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: