Lereng Gunung Lawu Terbakar, Petugas Masih Berupaya Padamkan Api

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 Nov 2019   17:00 WIB

Komentar
Lereng Gunung Lawu Terbakar, Petugas Masih Berupaya Padamkan Api

Kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Lawu (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Kebakaran hutan melalap pohon pinus yang berada di lereng Gunung Lawu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, terjadi Jumat (15/11), sampai Sabtu siang belum berhasil dipadamkan. Meski api belum dapat dipadamkan, pihaknya memastikan kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu tersebut tergolong jauh dari permukiman warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan masih terus berupaya memadamkan api. Guna membantu proses pemadaman BPBD Magetan mengerahkan lebih dari 2.000 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Perhutani hingga relawan.

Sejak sore kemarin, jalur pendakian di Gunung Lawu kembali resmi ditutup. Siapapun tidak diperbolehkan mendaki di masa-masa rentan kebakaran hutan seperti ini.

Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto mengatakan kebakaran terpantau sejak hari Jumat (15/11) siang. Kepulan asap terlihat semakin membesar dan meluas akibat kencanganya tiupan angin di wilayah setempat.

"Data BKPH Lawu Selatan mencatat yang terbakar merupakan bagian bawah hutan pinus di petak 57 RPH Bedagung masuk wilayah Kecamatan Panekan, Magetan," kata Marwoto di Magetan, Sabtu (16/11) mengutip Antaranews.

Sebelumnya jalur pendakian sudah dibuka kembali sejak sepekan terakhir setelah pada awal November lalu ditutup akibat cuaca buruk. Bagi pendaki yang telanjur melakukan pendakian pun diminta segera turun oleh petugas.

Marwoto menambahkan, pihakya hingga kini belum dapat memastikan penyebab kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu tersebut. Ia juga belum dapat menyebutkan luasan lahan hutan yang terbakar.

"Sehingga kebakaran tidak mengganggu aktivitas warga yang tempat tingganya berada di lereng Gunung Lawu," tandasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: