BMKG Deteksi Gempa Bumi Bermagnitudo 5,1 di Bali, Korban Nihil

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Nov 2019   20:50 WIB

Komentar
BMKG Deteksi Gempa Bumi Bermagnitudo 5,1 di Bali, Korban Nihil

Ilustrasi - gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa tektonik bermagnitudo 5,1 di Bali.

"Gempa dengan magnitudo 5,1 pada 14 November 2019 pukul 17.21.39 WIB," tulis BMKG di akun Twitter-nya, Kamis (14/11).

BMKG mencatat, lokasi pusat gempa berada di laut di 8,16 Lintang Selatan (LS), 114,90 Bujur Timur (BT), atau 21 Kilometer Barat Daya Buleleng, Bali dengan kedalaman 10 kilometer, BMKG menegaskan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyebut gempa itu dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di sejumlah wilayah. Di antaranya, getaran dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Buleleng, skala III MMI di Denpasar, III MMI di Kuta, III di Jembrana, III MMI di Mataram (NTB), II Lombok Barat (NTB), dan II Banyuwangi (Jawa Timur).

Foto: BMKG

Sementara informasi yang dikeluarkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dihimpun melalui usdalops BPBD Provinsi Bali melaporkan, guncangan keras dirasakan Kabupaten Jembrana sangat keras dirasakan, masyarakat berhamburan keluar, Selama 5 - 8 detik, di Kabupaten Buleleng gempa dirasakan dua kali getaran, warga sempat panik belum ada laporan kerusakan, di Kabupaten Tabanan gempa dirasakan lemah, belum ada info terkait kerusakan, warga tidak panik dan di Denpasar dilaporkan guncangan dirasakan cukup kuat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Masyarakat dihimbau agar tidak panik dan hanya memantau informasi dari sumber resmi BMKG atau BNPB/BPBD, info update akan disampaikan pada kesempatan pertama,” demikian dikatakan Agus Wibowo, Kamis (14/11) malam melalui pesan singkatnya di grup WhatsApp.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: