Kemenkes Dukung Perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional 2019

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Nov 2019   12:00 WIB

Komentar
Kemenkes Dukung Perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional 2019

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes Kartini Rustandi bersama Ketua Umum Formi Hayono Isman ketika menggelar konferensi pers terkait perhetalan Fornas 2019, di Kantor Kemenkes, Jakarta Kamis (14/11) (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) merupakan puncak kegiatan pengembangan olahraga rekreasi dan pesta olahraga rakyat yang diinisiasi oleh induk organisasi yang terhimpun di Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya untuk selalu mendukung berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) adalah untuk membudayakan olahraga di kalangan masyarakat. Fornas ke-5 ini akan dilaksanakan di Samarinda, Kalimantan Timur, 15 sampai 19 November 2019.

Pasalnya berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018 mencatat terjadi kenaikan angka luring aktivitas fisik masyarakat dari 26,10 persen pada tahun sebelumnya menjadi 33,50 persen pada tahun 2018.

Baca Lainnya : Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kemenkes Siap Perbaiki Sistem Rujukan Pasien

“Masyarakat yang datang dan turut berkontribusi dalam penyelenggaraan Fornas adalah mereka yang memiliki kesadaran untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran,” kata Kartini ketika menggelar konferensi pers terkait perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional di Kantor Kementerian Kesehatan, H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Dikatakan Kartini, dukungan yang diberikan Kementerian Kesehatan terhadap penyelenggaraan olahraga rekreasi bagi masyarakat ini meliputi edukasi aktivitas fisik Baik Benar Terukur Teratur (BBTT) hingga pencegahan cedera olahraga.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Samarinda akan menerjunkan tim kesehatan pada kegiatan tersebut. Tim kesehatan ini nantinya akan bertugas memeriksa kebugaran peserta mulai dari komposisi tubuh, kekuatan otot, fleksibilitas serta memastikan peserta layak untuk mengikuti jenis olahraga tertentu. Utamanya akan dilakukan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Serangkaian acara lainnya dalam kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional salah satunya dengan diadakannya senam jantung dan asma,” tambah Kartini.

Baca Lainnya : Peringati HKN ke 55, Kemenkes Gelar Pameran Pembangunan Kesehatan

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Hayono Isman mengungkapkan, selaku penyelenggara Formi telah menghimpun 67 induk organisasi olahraga di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional ke-5 Samarinda, Kalimantan Timur yang diikuti 37 induk olahraga dan 12 induk ekshibisi dari seluruh Indonesia. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan dilaksanakan di empat titik lokasi seperti di GOR Sempaja, GOR Segiri, Folder Air Hitam dan Bigmall.

“Kegiatan ini akan dihadiri 10 ribu penggiat olahraga di seluruh provinsi di Indonesia, konsep lombanya adalah pesta rakyat karena akan ada bazar, gelar budaya dan pariwisata,” ujar Hayono.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: