Guru Besar dan Mahasiswa IPB Ciptakan Makanan Fungsional untuk Penderita Luka Bakar

TrubusNews
Syahroni
08 Nov 2019   20:30 WIB

Komentar
Guru Besar dan Mahasiswa IPB Ciptakan Makanan Fungsional untuk Penderita Luka Bakar

Guru Besar IPB University dan mahasiswa bimbingannya memamerkan inovasi mereka. (Foto : Doc/ IPB University)

Trubus.id -- Sebuah inovasi yang dilakukan Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University, Prof Clara M Kusharto bersama mahasiswa bimbingannya, Mia Srimiati, SGz, MSi, berhasil meraih Silver Medallion for Higher Education Professional Catagory di International Invention and Innovative Competition (InIIC) di Palace of the Golden Horses, Selangor, Malaysia (2/11).

Penghargaan itu diraih berkat inovasinya mengembangkan produk berbasis Clarias Gariepinus dan Moringa oleifera leaf flour.

“Inovasi ini diproses menjadi High Protein Liquid Food Formula untuk pasien luka bakar yang mengalami 'hypercatabolism'. Pasien ini memerlukan zat gizi yang tinggi terutama energi dan protein yang diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan jaringan baru dan menggantikan zat gizi yang hilang akibat hypercatabolism. Selain itu, moringa leaf flour juga merupakan bahan pangan yang tinggi antioksidan dan mineral, yang  sangat dibutuhkan oleh pasien luka bakar untuk membantu proses penyembuhan luka. Inovasi ini telah didaftarkan dengan no. paten PQ 0201709742 tanggal 28/12/2017,” ujarnya dalam keterang pers yang diterima Trubus.id.

Dalam mengembangkan produk ini, Prof Clara dibantu oleh timnya antara lain dr. Mira Dewi, PhD, Utari Yunitaningrum SGz, NA, Shofiyyatunnisa, SGz dan Sari Winarti. Sementara itu, event InIIC ini sendiri diselenggarakan oleh MNNF Network dan diikuti 248 tim yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: