Bantu Kegiatan Budidaya Perikanan, 3 Mahasiswa IPB Ciptakan Aplikasi 'S-MAQ'

TrubusNews
Syahroni
05 Nov 2019   21:00 WIB

Komentar
Bantu Kegiatan Budidaya Perikanan, 3 Mahasiswa IPB Ciptakan Aplikasi 'S-MAQ'

Virta Rizki Hernanda, Fathia Ilmiati, dan Dalillah Artaghina, 3 mahasiswa IPB yang menciptakan aplikasi S-MAQ. (Foto : Doc/ IPB University)

Trubus.id -- Tiga mahasiswa program studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University berhasil menciptakan sebuah aplikasi untuk budidaya perikanan. 

Aplikasi itu sendiri diberi nama S-MAQ (Smart Modern Aquaculture). Aplikasi digital yang diciptakan oleh mahasiswa bernama Virta Rizki Hernanda, Fathia Ilmiati, dan Dalillah Artaghina ini khusus dirancang untuk membantu kegiatan budidaya perikanan yang terintegrasi, terkontrol, dan transparan.

Virta Rizki Hernanda, Ketua Tim menyebut, aplikasi yang mereka ciptakan diciptakan karena banyaknya pembudidaya perikanan yang mangkrak dalam melakukan transaksi pembayaran.

“Ide ini berfokus pada kegiatan penjualan komoditas akuakultur dalam rantai para pembudidaya. Meskipun ide ini masih dalam bentuk gagasan, namun kami telah membuat prototype sederhana untuk fitur-fitur aplikasi S-MAQ,” terang Virta dalam siaran pers yang diterima Trubus.id.

Keunggulan dari aplikasi S-MAQ adalah tersedianya fitur-fitur yang dapat menghubungkan proses penjualan komoditas antar pembudidaya.

Melalui karyanya, ketiga mahasiswa IPB University itu berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Chemistry Friendship Competition (CFC) di Universitas Bangka Belitung pada 22-23 Oktober 2019. Lomba tersebut bertemakan “Optimalisasi Peran Generasi Milenial untuk Meningkatkan Potensi Lokal dan Daya Saing Global dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

“Semoga ini dapat menjadi salah satu cara untuk meng-upgrade diri kami menjadi lebih baik lagi. Saya pribadi berharap, karya yang dihasilkan ini dapat memberikan manfaat untuk orang lain, " tutupnya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: