Pemimpin ASEAN Dorong Konsolidasi Peningkatan Kerjasama Perdagangan

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Nov 2019   13:30 WIB

Komentar
Pemimpin ASEAN Dorong Konsolidasi Peningkatan Kerjasama Perdagangan

Presiden RI, Joko Widodo bersama para Kepala Negara Pemerintahan ASEAN menghadiri Pembukaan KTT ASEAN ke 35 di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11) (Foto : Dok. Kementerian Perdagangan)

Trubus.id -- Para pemimpin ASEAN mendorong konsolidasi peningkatan perdagangan Intra-ASEAN dan perkuat komitmen kerjasama perdagangan dengan negara mitra. Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto ketika mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11).
 
“Para Pemimpin ASEAN menyampaikan komitmennya untuk penghapusan hambatan tarif dan non-tarif, penguatan perdagangan ekonomi digital, revolusi industri 4.0, peningkatan perdagangan intra-ASEAN, dan finalisasi perundingan RCEP, serta sentralitas dan persatuan ASEAN,” kata Mendag Agus dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (4/11).

Perdana Menteri Thailand, selaku Ketua KTT ASEAN ke-35, mengajak negara anggota ASEAN untuk meningkatkan kualitas dan soliditas ASEAN yang lebih baik melalui kesiapan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, implementasi ASEAN Single Window, dan promosi perdagangan digital. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung, yaitu Advancing Partnership for Sustainability.
 
Sementara, pada Pertemuan KTT ASEAN-RRT ke-22, para Kepala Negara ASEAN dan RRT membahas sejumlah agenda utama di bidang ekonomi. Isu utamanya terkait komitmen peningkatan perdagangan dan efektivitas implementasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA), khususnya ACFTA Upgrading Protocol. Fokus dari kerja sama ASEAN-RRT pada tahun 2020 adalah dalam ekonomi digital dan teknologi serta komitmen mendorong penyelesaian perundingan RCEP.
 
“Pertemuan KTT ASEAN-RRT berlangsung produktif dengan agenda utama kerja sama di bidang perdagangan, yaitu memperkuat implementasi ASEAN-China FTA,” ujar Agus kembali.

Sementara untuk agenda berikutnya adalah KTT ASEAN-India ke-16. Dalam pertemuan tersebut, ASEAN dan India menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi mencapai target USD 200 miliar pada tahun 2020. Selain itu juga mendorong pemanfaatan yang efektif dari ASEAN-India Free Trade Agreement (AIFTA). 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: