Gempa Bermagnitudo 3,0 Guncang Mamasa, Sulbar Sabtu Pagi

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Nov 2019   09:09 WIB

Komentar
Gempa Bermagnitudo 3,0 Guncang Mamasa, Sulbar Sabtu Pagi

Ilustrasi - gempa (Foto : Pixabay/Angelo_Giordano)

Trubus.id -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,0 (M 3,0) mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) Sabtu (2/11) pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut terjadi sekitar pukul 06.20 WITA. Tidak ada peringatan tsunami pada gempa tersebut.

Berdasarkan rilis Pusat Gempa Regional (PGR) wilayah IV Makassar, titik kordinasi gempa berada di 2.79 Lintang Selatan (LS) dan 119.43 Bujur Timur (BT).

BMKG mencatat, titik gempa berada 10 kolometer sebealah utara Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, dengan kedalam 10 kilometer di dasar tanah.

Baca Lainnya : Pancaroba Berlangsung, BMKG Prediksi Intensitas Hujan Meningkat Sepekan ke Depan

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Gempa bumi ini akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter. Gempabumi ini masih merupakan rangkaian gempabumi Swarm yang terjadi di Mamasa selama ini.

Baca Lainnya : BMKG Himbau Warga Kota Palembang Agar Tetap Waspada Asap Pascahujan

Sampai berita ini diturunkan tidak ada informasi terkait dampak gempa terhadap korban jiwa ataupun kerusakan bangunan, namun BMKG mengimbau warga untuk tetao tenang dan tidak mudah terprofokasi dengan isu yang beredar terkait gempa terlebih tidak dapat dipertanggungawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, warga diminta untuk terus memperbarui informasi seputar gempa bumi melalui laman resmi ataupun sosial media BMKG.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: